Mencari Rasio Bangunan ber-IMB per Jumlah Bangunan di Kabupaten Mempawah

Beberapa waktu lalu saya ditugaskan untuk mencari informasi terkait berapa Rasio Bangunan yang ber-IMB per Jumlah Bangunan yang ada di Kabupaten Mempawah. Sebenarnya sih tugas tertulisnya bukan itu, tapi yang tertulis adalah "Agar dipenuhi data yang diminta sesuai dengan tupoksi kita". Kemudian, dari hasil penelusuran awal, yang saya temukan untuk bahan kaji adalah tentang Rasio Bangunan Ber-IMB.

Contoh Format Data yang diminta

Nggak heran sih kalau soal Rasio Bangunan itu jadi dimintakan ke Dinas kami, dalam kasus ini ke Bidang Pelayanan Perizinan. Karena dulu memang yang mengurus perizinan Mendirikan Banguann (IMB) ada di Bidang kami. Sejak IMB berubah menjadi PBG, sejak tahun 2022, urusan teknisnya bukan lagi di DPMKUKMPTSP.

Data tersebut diminta oleh Bappeda melalui Sekda. sebagai pemenuhan kebutuhan perencanaan data daerah yang kemudian akan digunakan dalam penyusunan e-database RPJMD & RKPD pada sistem SIPD Bina Pembangunan Daerah.

Oiya, untuk diketahui bahwa dasar dari pelaksanaan kegiatan SIPD ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah.

Baiklah, mari kita masuk ke tahap ulasan.

Table Data Jumlah Banguann Ber-IMB

Sesuai dengan tugas dan fungsi Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan, yaitu melaksanakan proses perizinan dan non perizinan maka salah satu data yang dapat disampaikan adalah Jumlah IMB sampai tahun 2021 (sesuai gambar diatas). Untuk menjawab nilai “Rasio bangunan ber-IMB per satuan bangunan pada tahun 2021” (Sesuai matriks tabel surat permohonan) perlu adanya analisis mendalam.

Untuk menjawab berapa rasio/perbandingan dibutuhkan dua nilai. Dalam kasus ini, yang dibandingkan adalah jumlah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang telah diterbitkan dan Jumlah Bangunan yang telah didirikan masyarakat. Lalu, membandingkan nilai jumlah IMB dan Nilai Jumlah Bangunan tersebut.

Jika Rasio adalah R, Jumlah IMB adalah IMB dan Jumlah Bangunan adalah B, Maka Rumus Rasio adalah:

R = IMB / B

Jika diasumsikan (sebagai contoh) sampai tahun 2021 jumlah IMB yang telah diterbitkan adalah 1200 dan Jumlah Bangunan yang ada di kabupaten Mempawah adalah 2400. Maka Rasionya dapat dihitung dengan rumus Jumlah IMB / Jumlah Bangunan.

R = 1200/2400.
Maka rasionya adalah 1/2 atau 50 persen.

Jadi, untuk menjawab berapa Rasio Bangunan ber-IMB Per Satuan Bangunan di tahun 2021 perlu mengetahui dulu Informasi Berapa jumlah IMB yang diterbitkan di Kabupaten Mempawah hingga tahun 2021? Dan berapa jumlah bangunan yang ada di kabupaten Mempawah?

Untuk mengetahui jumlah Bangunan yang ber-IMB hingga tahun 2021, jika menggunakan asumsi bahwa jumlah IMB adalah jumlah bangunan ber-IMB, maka Jumlah Bangunan ber IMB adalah 2533 (sesuai table matrik diatas). Jika dirumuskan maka: Jumlah bangunan ber-IMB = IMB Tahun 2021+IMB Tahun 2020+IMB Tahun 2019 dan seterusnya. pertanyaan selanjutnya adalah berapa jumlah IMB yang diterbitkan sebelum PTSP di kabupaten Mempawah ada? atau berapa jumlah IMB yang diterbitkan pada dinas lain sebelum tahun 2010?

Perlu diingat, bahwa IMB ada yang diterbitkan untuk perumahan (satu IMB dengan banyak jumlah rumah). Dan perlu diingat juga bahwa, bisa jadi ada bangunan yang memiliki IMB, tetapi bangunan sudah terbakar atau roboh (sudah tidak ada lagi).

Untuk saat ini, Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan DPMKUKMPTSP Kabupaten Mempawah hanya dapat memberikan data jumlah IMB yang terbitkan dari tahun 2010 hingga 2021. Sehingga, berapa nilai Rasio Bangunan ber-IMB per Satuan Bangunan tidak dapat kami berikan, karena keterbatasan ruang lingkup kegiatan kedinasan.

Saran dan Masukan
Untuk mendapatkan informasi rasio data jumlah bangunan ber-imb per satuan bangunan yang terdapat di Kabupaten Mempawah bukanlah hal yang mustahil. Untuk itu, harus diketahui dulu dinas pengampu urusan tersebut. Dilakukan perhitungan populasi bangunan secara rutin dan berkala. Sehingga data Rasio bangunan dapat diketahui secara detail dan lengkap. Misalnya melakukan sensus bangunan, didata jumlahnya dan juga diketahui memiliki IMB atau belum. Sehingga untuk mendapatkan Rasio Bangunan ber-IMB per Jumlah Bangunan di Kabupaten Mempawah dapat diketahui.

Demikian hasil analisis ini kami sampaikan, Semoga dapat bermanfaat bagi daerah dan pembaca.

Komentar