Bjorka Trending Satu Twitter Land Indonesia, Ada apa Gerangan?

Beberapa hari ini heboh berita seorang "hacker" bernama "Bjorka" dan sekarang menjadi trending nomor 1 di Indonesia.

Tadi malam saya memperhatikan perkembangan "Bjorka" di jaringan komunikasi (aplikasi) Telegram dan kemudian saya menelusuri Twitter. Tadi malam masih berada pada urutan kedua untuk topik yang sedang trending di Indonesia.

Bjorka Trending 2 Twitter Land Indonesia

 Dan pada pagi hari ini, Minggu 11 September 2022 Nama Bjorja menjadi Trending 1

Bjorka Trending 1 Twitter

Hal apa saja yang dilakukan Bjorka sehingga namanya menjadi trending di dunia maya saat ini? Berikut adalah rangkuman informasi yang saya dapatkan:

  1. Pernah Membobol data WNI yang berasal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU)
  2. 20 Agustus 2022 Kebocoran Data Indihome
  3. Membobol Database Simcard Ponsel
  4. Membobol Data Badan Intelejen Negara (BIN)

Pemerintah Indonesia kemudian menganggap hal yang dilakukan Bjorka terhadap pembobolan data BIN adalah hal bohong atau hoax.

Bagi saya ini menjadi menarik, ketika ada perseteruan antara Pemerintah Indonesia yang ingin menangkap "bjorka" tapi malah di olok-olok Bjorka dengan mengatakan:

do u know that u and all ur people no one can do this? because it's been 21 days since my first leak. and all of u are still confused about where to start

Menurut saya di kalimat itu Bjorka ingin mengetahui seberapa serius Pemerintah Indonesia menangani problem lemahnya keamanan data cyber Indonesia. 

dan yang terakhir menarik bagi saya adalah Bjorka mengucapkan "Selamat Ulang Tahun" kepada Bapak Menteri Kominfo. Karena dari data yang dimilikinya. memang benar sekali, pada tangga 10 September kemarin Bapak Johnny G. Plate sedang berulang tahun.

Sejak tulisan ini dipublish, perseteruan ini masih terjadi dan trending. Hingga ancaman pembobolan data aplikasi My Pertamina dan berkembang ke kasus-kasus yang lain.

Komentar