Menghitung Waktu Proses Pengecasan Baterai

Sesuai janji saya (pada artikel tentang memilih Charger yang tepat) untuk menuliskan bagaimana menghitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengecas sebuah aki atau baterai..?

Sebenarnya ini bukan kasus baru, ini sudah lama sekali. 

Sejak saya dan kawan2 Pemain Tamiya Mini4wd mulai menggunakan baterai charge Ni Cd, Ni Mh dll sebagai sumber daya penggerak motor DC, banyak yang membuat pengecas sendiri. kami sebelumnya menggunakan baterai berjenis carbon atau alkali. Tetapi jika menggunakan betari carbon dan alkali biayanya akan besar sekali untuk membeli Baterai tersebut. dengan baterai cas, akan lebih mengirit keuangan. Selain itu, karena pengecas di pasaran bisa sangat lama kalau mengecas. ada yang 12 jam, ada juga yang 8 jam. Oleh karena ketidak puasan itu, kebanyakan dari kami membuat alat charger baterai sendiri. Dan yang terbaru sekarang ini ada yang 2 atau 1 jam saja.


Alat charger yang kami buat itu terdiri dari rangkaian adaptor biasa dengan trafo yang memiki kuat arus yang besar ataupun menggunakan Power Suplay Komputer desktop, bahkan ada yang membuatnya dari PSU Server. Alasan menggunakan Trafo dengan ampere yang besar untuk pengecas adalah supaya proses pengecasan tidak memakan waktu yang lama. Semakin besar Amperenya, maka akan semakin cepat. 

yang muncul pertanyaan kemudian adalah, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan charging baterai jika kuat arus dan kapasitas baterainya diketahui?
untuk menjawab pertanyaan itu sudah banyak sekali aplikasi yang dibuat. namanya adalah Battery Charge Time Calculator. atau biasa orang menyebutnya sebagai baterry calc (Kalkulator baterai). Dengan aplikasi tersebut, bisa mengetahui waktu yang dibuhkan untuk mengisi daya pada sebuah baterai. Intinya, semakin besar kuat arus yang ada pada sebuah charger, maka prosesnya akan semakin cepat. semakin besar kapasitas baterainya maka prosesnya akan semakin lama. 

Komentar

  1. apakah aman untuk mengecas baterai 3,7 volt dgn memakai adapter dgn kapasitas 5 volt 2 amper dan brapa lama waktu pengecasan yg dibutuhkan. tolong pencerahannya.

    BalasHapus
  2. Bang Hernawan kalau batre hp 3,7 volt di isi via powerbank 5 volt 2,1 A masih amankah?

    BalasHapus
  3. Kalau ada bacaan 5v=3a / 9v=2A / 12V=,1.5 A aman gak dupakai ke hp yang biasanya menggunakan charger 5V=1A

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy juga mau coba apakah aman kl sy pakai input 9 volt akan tetapi out put nya 2.4A. dalam pikiran sy pasti akan lebih cepat full pada baterenya. Apa betul begitu, Bro?

      Hapus
    2. iya benar sekali Su aidi. akan cepat full :)

      Hapus
  4. Gan mau tany, misal kita mau buat cas hp dari power suply komputer yang arusnya 5v 28A kira2 gmna aman g di hpnya, sebelum dan sesudahnya q ucapin banyak terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sarankan sih jangan pakai pakai PSU Komputer. karena sangat beriko dengan amper nya (28A) yg terlalu besar. kecuali ngecasnya sambil ditungguin pas udah seratus persen dicabut. :) yang pasti efeknya ngecas jd lebih cepat. oiya.. kabel ke HP nya juga perlu cari yang support untuk cas cepat.

      Hapus
    2. Bang emang ada kabel yg ga suport untuk pengecasan cepat?

      Hapus
  5. Bang kenapa ya di charger sambil di mainin kok touch nya jadi eror?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya sih nggak ada masalah. saya nggak tahu pasti apa masalahnya

      Hapus
  6. Pagi kak, mau nanyak cara ngitung beban yg dipakai untuk mencharging satu hp itu gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau asumsinya beban adalah tahanan (Ohm), maka rumus untuk hitung Beban (Ohm) adalah Kuat Arus (Ampere) dibagi Tegangan (Volt). Cuman nilai Tahanan di Hape kan masih banyak faktor lagi.ada beban Baterai, beban, kabel, beban circuit dll

      Hapus
  7. rumus menghitung beban bukannya tegangan (volt) dibagi kuat arus (ampere). Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar sekali. Makasih koreksinya. Jika Beban maksudnya adalah Resistan (R) rumsnya R = V/i dengan V sebagai Tegangan (Volt) dan i sebagai kuat arus (ampere).

      Hapus

Posting Komentar

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)