Konsultasi Aplikasi SiCantik Cloud ke Diskominfo Provinsi Kalbar

Pak Teddy Prawoto dan Ibu Sofiarti Dyah Anggunia

DPMKUKMPTSP - Senin, 29 Agustus 2022 Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Bapak Ir. Teddy Prawoto, M.Si beserta Analis Kebijakan Ahli Muda Bapak Freddy Hernawan, S.Kom melakukan konsultasi dan koordinasi ke Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat. 

Dalam kunjungan itu disambut hangat oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Provinsi Kalbar Ibu Sofiarti Dyah Anggunia, ST,M.Sc.

Maksud dan Tujuan

Dalam Rangka Kegiatan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan secara terpadu satu pintu di bidang Penanaman Modal yang menjadi kewenangan Kabupaten dengan sub Kegiatan Penyediaan Pelayanan Terpadu Perizinan dan Non Perizinan Berbasis Sistem Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.  Untuk menjalankan pelayanan secara elektronik diperlukan media online yang disepakati Bersama yaitu Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik atau yang disingkat Sicantik.

Dalam perjalanannya, SiCantik Cloud perlu adanya perhatian sebagai upaya evaluasi monitoring pemanfaatannya, apakah sudah sesuai dengan yang seharusnya, ataukah masih diperlukan perbaikan. Untuk itu kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan beserta Analis Kebijakan Bidang Pelayanan perizinan dan Non Perizinan melakukan konsultasi dan koordinasi terkait pelaksanaan Sicantik Cloud ke Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Barat

Hasil yang diperoleh:

Untuk peningkatan kualitas pelayanan Online melalui Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (Sicantik), Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan tetap melakukan update pengetahuan mengenai Sicantik Cloud ke Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Barat.

Untuk lebih detail dan dalam mendapatkan Informasi, saran dan masukan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten (dalam hal ini DPMKUKMPTSP Kabupaten Mempawah sebagai pelaksana kegiatan Aplikasi SiCantik Cloud) dapat melakukan Konsultasi dan Koordinasi secara langsung dan tatap muka ke Kementrian Kominfo di Jakarta. Karena Menurut Kepala Bidang Aptika Kominfo Provinsi Kalbar, di Kementrian Kominfo tidak saja menerima layanan koordinasi dari Pemerintah Provinsi, tetapi juga menampung komunikasi dan koordinasi dari Pemerintah Kabupaten. Karena bisa jadi, ada perubahan atau update program yang pemerintah Provinsi tidak mengetahuinya.

Dinas Kominfo Provinsi Kalbar senang kedatangan tamu dari DPMKUKMPTSP Kabupaten Mempawah, karena selain bisa bersilaturahmi mempererat jalinan juga sebagai media informasi perkembangan penggunaan aplikasi Sicantik di Daerah.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan DPMKUKMPTSP kabupaten Mempawah mendapatkan manfaat dari kegiatan perjalanan dinas ini. Karena selain mendapatkan saran dan masukan, juga menjadi motivasi dan semangat baru untuk menjalankan aktivitas dikemudian hari.

Komentar