Narasumber NIB di Kegiatan Sosialisasi Penerapan CBIB Provinsi Kalimantan Barat

Mempawah, Kamis, 14 September 2023 Alhamdulillah Saya diundang oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat sebagai Narasumber untuk membawakan materi tentang proses penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam kegiatan Sosialisasi Penerapan Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023.

Foto Bersama

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka sertifikasi CBIB pelaku usaha ikan Budidaya di Provinsi Kalimantan Barat. Diselenggarakan di P2MKP Kawan Sejati Jl. GM Taufik Mempawah Hilir. Ngomong-ngomong, Saya jadi teringat kegiatan serupa tahun lalu, namun di lokasi dan tema yang berbeda (Izin Usaha Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan).

Arif, Harry dan Freddy

Selain saya sebagai Narasumber, ada juga Pak Arif dari Kantor Pajak Pratama, yang membawakan materi tentang Kewajiban kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Untuk saat ini, NPWP adalah hal wajib bagi seluruh wajib pajak dan tidak dapat ditawar lagi. Karena dalam proses pendaftaran Nomor Induk Berusaha, diwajibkan Nomor Pokok Wajib Pajak.

Para Peserta Kegiatan

Saya senang menjadi Narasumber pada kegiatan kali ini, karena moderatornya Pak Harry membawa suasanya sehingga menjadi lebih hangat. selain itu, peserta Sosialisasi juga aktif dengan pertanyaan dan antusiasme yang tinggi. Selain itu, saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah yang telah menjembatani Dinas Penanaman Modal, Koperasi UKM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mempawah sebagai salah satu Narasumber kegiatan. Karena kegiatan Penyuluhan Perizinan, adalah bagian dari Tugas dan Fungsi Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Hal ini sebuah sinergisitas yang baik antara dua Organisasi Perangkat Daerah.

Semoga, dengan kegiatan ini pelaku usaha budidaya perikanan yang ada di Kabupaten Mempawah dapat mengambil pelajaran penting dan hikmahnya. Harapan saya semoga masih ada kegiatan serupa di tahun mendatang. Dengan peserta yang lebih ramai lagi tentunya. Amiin.

Komentar