Pengalaman Menginput Data di SIPP Menpan

Beberapa hari ini saya sedang sibuk menginput data perizinan ke System Informasi Pelayanan Publik (SIPP) MENPAN

Data-data perizinan apa saja yang saya input?
Data-data yang saya input meliputi Nama Pelayanan Perizinan, Jangka Waktu Penyelesaian, Biaya atau tarif, Penanganan Pengaduan, Produk Layanan, Kata Kunci, Persyaratan dan yang terakhir, yang penting adalah Prosedur. 

Penampakan Dasboard SIPP

Apa langkah-langkah yang dillakukan supaya lebih mudah?
Langkah pertama saya membuat masing-masing File untuk setiap jenis pelayanan perizinan yang ada. yang isinya berupa nama layanan, data pendukung dan lain-lainnya yang diperlukan sebagai bahan inputan. yah semacam summary dari banyak informasi mengenai perizinan-perizinan itu. Jadi ambil informasi yang diperlukan saja untuk input data SIPP.

Lalu setelah saya membuat file dari masing-masing jenis layanan tersebut, saya memetakan perizinan yang sejenis. misal sejenis prosedurenya. 

Apa saja yang saya lakukan untuk mempercepat proses penginputan.? 
Data-data itu saya petakan. Saya kelompokkan sesuai dengan aplikas yangh digunakan. Misalnya ada perizinan yang di proses pada OSS.go.id. dan sebagian yang lain tidak. Nah tentunya dalam pengisian kolom Prosedur perizinan yang di proses pada OSS akan sama prosedurnya. sehingga untuk kolom "Prosedure" bisa langsung di input dengan cara Copy Paste pada setiap langka-langkahnya.

Demikian juga untuk isian kolom penanganan pengaduan, semua di isi dengan sama, karena memang prosedurnya sama.

Sebenarnya ada cara lain untuk menginput data-data itu semua, yaitu dengan import template Excel yang disediakan. tetapi saya pernah mencobanya, tetapi gagal. data yang saya import tidak tertampil dalam dashboard, walaupun dikatakan "succsess" (tidak ada pesan eror).

Keluhan?
iya ada, selain servernya berjalan agak lamban dan berat, terkadang muncul eror 504 Gateway Time-Out. Eror seperti bikin jengkel, lagi semangatnya, malah muncul eror jadi bikin bad mood atau semangat mengendur.

504 Gateway Time Out pada SIPP

Semoga kedepannya system yang dikembangkan MENPAN ini akan semakin baik. Karena memang saya akui, sistem yang dikembang ini sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak dalam mendapatkan Informasi Perizinan. Selain itu, SIPP ini sangat SEO friendly. sering persyaratan perizinan yang sedang saya cari di google.com, muncul dengan baik dari System SIPP ini.

Okey, sampai disini dulu share cerita hari ini,. Semoga bermanfaat bagi pembaca budiman. kalau ada yang mau ditanyakan jangan sungkan utuk Inbox FB saya, atau kirim komentar di kolom komentar .

Komentar