ASUS Zenfone Max Pro M1, Smartphonenya Gamer Banget

ASUS Zenfone Max Pro M1
Banyak banget yang nanya ke saya, “Bang, maen gamenya pakai apa sih?”. "Bang gimana sih kinerja Zenfone Max Pro selama ditangan abang?". "Puas nggak pakainya? gimana kalok dimainkan untuk main game?" dan lain sebagainya. Sampai ada yang bingung, orang sibuk kayak saya, tapi masih sempat mikir untuk main game. Hahah… karena gamenya mobile (bisa dibawa kemana-mana) makanya pas ketemu ada waktu luang tinggal dibuka deh. Nah dari yang banyak nanya ke saya itu, jadi termotivasi juga buat ulasan. Sekarang saya mau cerita sedikit tentang pengalaman saya menggunakan smartphone yang saya tulis dalam judul, yaitu ASUS Zenfone MAX Pro M1.

Sebelum saya ulas jauh, mau cerita dikit nih. Zaman sekarang, smartphone nggak cuman dipakai untuk alat komunikasi, tapi trendnya juga dipakai sebagai alat hiburan. Misalnya untuk nonton video online maupun offline, sekedar dengerin musik, sampai untuk main game atau biasa yang disebut orang sebagai mobile gaming. Nah, mobile gaming itu adalah game yang dimainkan pada perangkat mobile salah satunya smartphone ini guys.

Asal tahu aja, Mobile Gaming adalah aplikasi yang paling banyak didownload orang-orang. Coba aja cek di playstore, aplikasi yang sedang trend akan kelihatan kok. Tren mobile gaming tersebut semakin subur, apalagi ditambah banyak event, baik itu nasional maupun internasional. Event e-sport mobile yang ada dimana-mana, ditambah lagi dukungan pemerintah dalam mobile gaming. Hal ini bisa kita lihat jelas dari acara Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang yang lalu.

Smartphone yang cocok untuk gaming

Bang, menurut abang smartphone yang bagus buat maen game yang bagaimana sih? Nah, pertanyaan bagus tuh. Nggak lucu kan kalau lagi main game tapi tiba-tiba frezz alias nggak bisa gerak ketika musuhnya keluarin ilmu atau magic dengan berbagai animasi/visual yang keluar dalam tampilan. Berbeda lho dengan lag yang diakibatkan oleh jaringan. Frezz ini biasanya diakibatkan oleh spek GPU dan CPU Smartphone yang rendah. Sehingga tidak mampu memproses (lamban) algoritma source code dan kesulitan menampilkan animasi yang ada. 

Banyak temen saya yang main game, biasanya merubah level/mode grafisnya yaitu dengan diturunkan, supaya menjadi lancar katanya. Tapi efeknya permainan menjadi tidak lebih menarik. Keindahan yang seharusnya dinikmati mata, malah terkesan datar. Ataupun kadang ada animasi yang seharusnya kita liat dari sebuah game, karena level grafisnya diturunkan maka untuk melihat kekuatan/kemampuan lawan misalnya berbentuk aura, malah jadi kurang jelas, dan bahkan menjadi kabur. Hal ini tentunya juga akan menggangu permainan. Bermain jadi tidak maksimal. So, GPU adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan dari sebuah smartphone gaming.
Layar 5,9 In

Hal yang kedua yang perlu saya perhatikan ketika memilih smartphone untuk Gaming yaitu Layarnya. Layarnya harus lebar, karena dilayar smartphone selain untuk melihat tampilan game itu sendiri, layer merupakan tempat kendali alias control. Layar adalah joystick. Nah bayangkan aja kalau layarnya kecil, wah bakal kelihatan jempol semua deh :P

Ditujukan Khusus Untuk Gaming

ASUS sebagai salah satu pabrikan Smartphone juga sangat ikut andil dan antusias penyiapkan perangkat yang mendukung Mobile Gaming, yaitu dengan menciptakan smartphone spesifikasi layar lebar, CPU, GPU dan perpaduan kapasitas baterai yang besar. Hal ini menjadikan Zenfone Max Pro M1 sangat cocok bagi gamer mania, yang sering main mobile game seharian, kayak saya 😊  
Antutu Benchmark
Ketika diuji dengan Antutu Bencmark, Zenfone Max Pro M1 mendaptkan Skor 114751.

Kenapa saya Memilih Zenfone Max Pro M1 

Game PUBG pada Zenfone Max Pro M1
Game PUBG pada Zenfone Max Pro M1
Arena Of Valor pada Zenfone Max Pro M1
Arena Of Valor pada Zenfone Max Pro M1
Sudah cukup lama saya pakai ASUS Zenfone MAX Pro M1, karena selain alasan saya diawal tadi. Saya sering pakai untuk main game berat (tak hanya besar dari segi ukuran filenya, tetapi juga memerlukan resource berupa; daya, memory dan prosesing yang besar) seperti AOV dan PUBG. Pasti orang nggak heran lagi deh sama dua jenis game berat tersebut.
Ragnarok Eternal Love
Ragnarok Eternal Love

Ragnarok Eternal Love
Pedhet


Dan beberapa hari belakangan ini, saya juga menggunakan Zenfone Max Pro M1 untuk main Game Ragnarok Eternal Love. Pemain game pasti tahulah kalau main game RPG kayak Ragnarok Eternal Love itu gimana lamanya. Pastilah berjam-jam. Apalagi bisa ditinggal sambil kerja, alias auto. Disinilah letak bagaimana kinerja sebuah smartphone diuji. Dalam pengalamannya, si Zenfone Max Pro M1 ditangan saya sangat bisa diandalkan. Kalau nggak percaya, tanya aja deh ke teman-teman saya yang sedang liat saya main game. Zenfone Max Pro M1 buat lupa waktu dan tak bergeming karena keasyikan maen game.
Penggunaan standar, Suhu 36 derajat Celcius
Penggunaan standar, Suhu 36 derajat C

Sekarang ZenFone Max Pro M1 sudah tersedia lengkap di pasaran Indonesia, dalam 3 variasi yakni dengan kapasitas RAM 3GB, 4GB dan 6GB.

Banyak Smartphone bagus dan mantap untuk dipakai maen game, tapi harganya itu lho, mahal buat kantong saya. Dengan ZenFone Max Pro M1, ASUS membawa smartphone kelas premium, dengan performa dan kemampuan mumpuni ke harga yang sangat terjangkau. Berikut ini harga ASUS ZenFone Max Pro M1 yang beredar di Indonesia:
  • ZenFone Max Pro M1 (3GB/32GB) kini dipasarkan di harga Rp2.199.000
  • ZenFone Max Pro M1 (4GB/64GB) di harga Rp2.599.000
  • ZenFone Max Pro M1 (6GB/64GB) Rp3.299.000 tersedia secara khusus didistribusikan oleh Erajaya

Dipakai Juga Untuk Fotografi

Selain keunggulannya di gaming, tetapi fasilitas fotografi juga masih bisa diandalkan. Berikut adalah beberapa foto hasil jepretan Zenfone Max Pro M1:
Hasil Kamera Depan
Hasil Kamera Depan
Hasil Kamera Belakang

3 hal yang paling menarik bagi saya dari Zenfone Max Pro M1

Sebenarnya banyak sekali fitur yang disediakan oleh si Zenfone Max Pro M1 ini, tapi yang paling buat saya suka dengan zenfone Max Pro M1 adalah:
  1. Baterainya yang besar. Dengan baterai yang besar, 5.000 mAh yang juga sudah didukung dengan fitur quick charge 4.0. Saat diisi dari sekitar 5 persen hingga penuh, membutuhkan waktu 1 jam lebih. Sementara ketika dipakai seharian penuh, baterainya mampu mencapai 13 jam. Dengan aktivitas pemakaian layar mencapai 11 jam 20 menit. Nggak perlu khawatir lowbat ketika sedang asyik main game.
  2. Processor yang nggak panas. Zenfone Max Pro M1 Sudah menggunakan Snapdragon 636 yang nggak bakal panas jika dimainkan game berlama-lama.
  3. GPU (Graphics Processing Unit) yang ditanamkan dalam Zenfone Max Pro M1 sangat mumpuni untuk visual game yang berat dan cepat. Yaitu menggunakan Qualcomm® Adreno™ 509.
Jadi, ASUS Zenfone Max Pro M1 adalah smartphone yang pas banget antara harga dan kinerjanya. Saya Freddy Hernawan, sangat puas menggunakan Zenfone Max Pro M1. Bagi saya, ini adalah smartphone yang layak untuk dimiliki bagi seorang gamer namun dengan keterbatasan dana. Saya sangat merekomendasikan smartphone ini. Sudah jangan ragu dan bingung lagi, segera ke toko terdekat. Untuk memilikinya sebelum kehabisan.

Spesifikasi teknis ASUS ZenFone Max Pro M1

Sebagai penutup dari cerita pengelaman ini, berikut adalah spesifikasi lengkap Asus Zenfone Max Pro M1:

Model ZenFone Max Pro M1 (ZB602KL)
Display, Resolution Full HD+ 2.160 x 1.080 pixel, 18:9 Full View Display
2.5D curve glass with 450nits
Processor CPU : Powerful 14nm Qualcomm Snapdragon 636 Octa Core Processor with 1.54x Antutu CPU score than SD625

GPU : Qualcomm® Adreno™ 509 GPU
Memory LPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM
LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM
LPDDR4 6GB RAM, 64GB ROM
Supports up to 256GB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)
Camera Rear (main): Camera    16MP (6G/64GB), 13MP (3G/32GB, 4GB / 64GB), PDAF

Rear (wide): Camera 5 Megapixel for bokeh mode
Front camera    16MP (6G/64GB) , 8MP (3G/32GB , 4GB / 64GB), softlight LED flash

Camera feature    PixelMaster 4.0 camera mode:
Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation
Wireless WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face Recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope
Sim Card dan Slot Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
Network FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM
Data rate: DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support
GPS GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS Pure Android 8.1 Oreo
Battery 5.000mAh capacity
Audio / Microphone Loud speaker, PMIC internal amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver
Size / Weight 159 x 76 x 8.46 mm / 180 grams
Color Deepsea Black and Meteor Silver

Komentar