Observer Pada Game MOBA, Apakah itu? dan Ngapain saja?

Hello guys apa kabarnya? Semoga kalian baik-baik saja yah. Sudah lama nggak bahas soal gaming nih. Terakhir nulis tentang gaming yaitu judulnya Jurus-jurus dalam game moba. Nah mumpung hari libur dan enak banget timingnya buat nulis lagi, maka saya nulis deh. Okey-okey nggak usah panjang-panjang intermezonya, kita fokus dan langsung konsentrasi ke pembahasan, sesuai dengan judulnyanya ya. Apa itu Observer?


Ini hal penting dalam gaming MOBA guys. Seperti halnya DOTA, League Of Legends (LOL), Mobile Legends, Arena Of Valor dll, kebanyakan dari kita sebelumnya lebih mengenal dengan istilah Tank atau tangker, Archer atau penyerang jarak jauh (yang umumnya memiliki fisikal Damage pada serangannya/Non Magic). Atau sering di sebut sebagai ADC atau Attack Damage Carry. Selain ada Tank, Archer, Lalu ada Mage, Support dan Jungler. Waktu lagi serius main AOV di Zenfone Max Pro M1, saya mendengar ada istilah lain nih yang belakangan ini sering banget di dengung-dengungkan para youtuber dan pemain moba. "loe jadi obs yah?" (maksudnya obs singkatan dari Observer). Kata seorang pemain di dalam lobby game MOBA yang akan siap bertarung.

Apa Sih Observer itu sebenarnya? dan ngapain aja kerja mereka?

Jujur saja, saya kadang mangkel plus dongkol sama player yang sok-sokan nyuruh orang jadi observer, tapi mereka sendiri nggak tahu apa tugas dan manfaat dari seorang observer dalam game moba. Yang kadang lucunya lagi, mereka menganggap bahwa observer adalah karakter support. Yah nggak menutup kemungkinan pemain support juga sebagai observer. Tetapi itu adalah hal yang berbeda. 

sebelum kita bahas secara mendalam, kita artikan dulu arti makna observer itu. yuk buka google translate. Nah saya mendapatkan beberapa hasilnya, yaitu:
pengamat (observer, bystander, supervisor)
pemerhati (observer)
peninjau (observer, spotter, inspector, bystander)
pengawas (supervisor, superintendent, overseer, inspector, controller, observer)
peneropong (viewer, observer)
orang yg memperhatikan (observer)
pengintai (scout, look-out, spotter, watcher, snooper, observer)

Nah, dari hasil pencarian makna atau arti dari observer kan sudah jelas tu, ada yang artinya sebagai pengamat, pemerhati, peninjau, pengintai, pengawas dll.

Jadi dapat dipahami apa saja yang harus dilakukan seorang obsever. Hal-hal yang dilakukan seorang observer diantaranya adalah:
  1. Jalan-jalan sepanjang map.
  2. Mengisi kekosongan lane jika ditinggal oleh pemain laner.
  3. Membantu Gank Bang atau support Pemain Lain untuk mendapatkan kill.
  4. Nge tank in atau melindungi pemain lemah yang sedang diburu musuh

1. Jalan-Jalan Sepanjang Map
Ya udah jika loe kepilih sebagai observer maka kerjanya jalan-jalan saja sepanjang map, mencari info apa saja yang sedang dilakukan musuh. mencari tahu keberadaan musuh dimana saja. apakah sedang laner, apakah sedang jungling di hutan dll. Karena hal ini penting banget guys, karena kalau kelima musuh nggak kelihatan posisinya di dalam map, bisa jadi mereka sedang membuat rencana gang Bank atau pengeroyokan di sebuah titik dalam map. Sehingga perlu cepat-cepat diselidiki dan dicurigai. jangan asyik sendiri mukul minion atau buff, padahal musuh sedang mengawasi kamu.

2. Mengisi Kekosongan Lane
Jika ada pemain atau teman kita yang mati, kan laner nya nggak ada yang jagain, padahal sayang kan kalau ada wave minion yang datang, itu termasuk uang atau experimen supaya bisa cepet naik level. ingat, salah satu hal yang perlu dipikirkan dalam moba adalah uang dan experience. tanpa uang kita akan kesulitan membeli item. dan tanpa experience kita akan kesulitan menaikkan level. Nah, dengan mengisi lane yang kosong ketika ditinggalin temen makan disini adalah peluang untuk mendapatkan uang atau exp (experience). Selain itu, hal ini juga mencegah dari serang musuh yang akan merubuhkan tower. perlau di ingat tower adalah hal penting. ketika dalam sebuah kompetisi yang ditentukan menggunakan waktu, maka Tower adalah point dalam sebuah turnamen.
Tentu saja ketika sebagai observer dan menjaga sebagai laner akanlebih extra hati-hati, dan memposisikan diri bermain defensif.


3. Membantu Gank Bang atau support Pemain Lain untuk mendapatkan kill.
Biasanya ada musuh laner yang bermain solo, biasanya di top lane (solo top) atau mid lane (Solo Mid). Pemain laner yang sendirian tersebut, biasanya sering jadi sasaran gangking atau pengeroyokan. hal ini sah-saha saja dalam permainan Moba.


4. Nge tank in atau melindungi pemain lemah yang sedang diburu musuh
Kalau kamu sebagai observer dan melihat ada temen yang sedang dikejar2 musuh, maka kamu harus cepat-cepat membantunya. Paling tidak mengalihkan perhatikan musuh untuk segera mengejar kamu (observer). dan teman kamu menjadi bebas dan tidak jari modar. kalau teman kamu yang mati, jalan cerita permainan akan bsia berbeda ketika kamu (observer) mati.

Bagi seorang observer mati itu nggak apa-apa, asal kematiannya bisa digantikan oleh kamatian musuh. tetapi jika ada observer musuh mati dengan mengorbakan pemain mage atau adc kita yang mati, itu merupakan sebuah kerugian. karena proses pusing lane akan menjadi kelabakan. kalau ibaratnya di catur, observer itu mirip buah pion, dan ketika bsia ngebunuh peluncur atau kuda itu merupakan hal yang menguntungkan.


Apa Manfaat Observer bagi pemain lain dan apa yang harus dilakukan?
Lalu apa yang harus dilakukan oleh pemain lain jika bukan sebagai observer? kamu harus sering liat map, melihat pergerakan oberver sedang berada dimana. apakah sedang mengintai jungler musuh, atau akan siap2 membantu pemain lain untuk melakukan gangking atau pengeroyokan. Jangan malas untuk sering-sering melihat minimap. Karena seorang observer kadang terlalu fokus untuk memperhatikan jalur yang harus di laluinya, jangan sampai tiba-tiba salah langkah dan masuk ke dalam jebakan musuh.

Siapa saja sih yang memungkinkan untuk menjadi pemain observer?
Nah ini merupakan pertanyaan penting untuk menentukan yang cocok sebagai obsever. ciri-ciri pemain observer diantaranya adalah:
1. Memiliki pergerakan atau perpindahan yang cepat. Fungsinya supaya cepat menelusuri map.
2. bsia dengan mudah melarikan diri. biasanya di dukung dengan dash atau flash. crowd control (anti stun, anti slow dll)
3. Memiliki HP yang besar. Supaya kalau ketemu musuh dalam perjalanannya (biasa di sungai atau di hutan berpapasan dengan musuh terjadi baku tembak) tidak cepat mati. dan bisa melarikan diri.

Oiya sebagai tambahan tips, seorang observer ini nggak musti hanya seorang support atau tanker. seorang jugler juga bisa menjadi obsever dalam permainan. kerja sambilan. Jadi dalam perjalanan nya mencari buff dan monster2 hutan, mereka juga sambil melakukan observasi ke kawasan hutan musuh.

Komentar

  1. Ajieb mas, saya jadi tahu obs itu, arthur andalan saya memang cocok jadi obs

    BalasHapus

Posting Komentar

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)