Koleksi Diecast, Bagaimana Caranya?


Ada pertanyaan yang sering mengganjal di benak saya "Bang, bagaimana sih koleksi diecast itu?" atau  "bagaimana atau apa yang perlu diperhatikan dari cara mengoleksi diecast?" Hal-hal begini biasanya sering ditanyakan bagi new comer atau pendatang baru di dunia koleksian mainan diecast. Tapi ya ada juga yang udah lama ngoleksi, tapi pura-pura nggak tahu. Biasanya pengen ngetes doang. atau dah lama ngoleksi, tapi nggak tahu bagaimana sebenarnya ngoleksi mainan? ahh itu sih namanya bohongin diri sendiri :)

JDM

Camaro

Menurut saya, yang namanya mengoleksi/ngumpulin Diecast nggak ada patokan baku yang harus diikuti. Harganya? rare tidaknya? jumlahnya? prestisenya? Yah, orang secara pribadi bisa buat rule nya masing-masing. Bisa sebebasnya. Dari orang-orang yang saya temui alasan mereka menyukai mobil yang dipilih sangatlah beragam. Berikut ini beberapa cara atau rule yang mereka terapkan untuk mengoleksi Diecast.

1. Koleksi Karena "Suka"

Asal senang, beli, simpan, pajang. Nggak peduli mau mobilnya merk apa, type apa. yang penting senang aja. Senang karena warnanya, bentuknya, corak tamponya, sejarahnya, ada kenangan manisnya dll. Ada hal yang mengingatkan misalnya seperti mobil Herbi VW 53. Ada muncul di Film, sehingga mungkin bagi yang pernah menonton filmnya, akan suka dengan diecast Mobil Herbi VW 53 tersebut. Atau waktu kecil sering diantar sekolah naik Mobil Toyota Hardtop, maka mereka koleksi Toyota Hardtop.

2. Koleksi berdasarkan Merk dan/atau Type 

Mengkoleksi Diecast dengan melihat Merk dan Type mobil ini adalah cara paling umum dalam hal mengoleksi Diecast. Misal ada yang senang Chevrolet Camaro tahun 1967, maka dengan jenis mobil itulah yang akan dijadikan patokan dalam mengkoleksi. atau yang sering orang bilang sebagai Fokusan (dari kata dasar fokus). Atau mungkin hanya suka Merk Toyota. Maka yang dikoleksinya adalah mobil-mobil dengan merk Toyota walaupun berbeda type.

Berdasarkan Merk dan Type

Berdasarkan Negara yang menciptakan

3. Berdasarkan Warna

Ada orang yang mengkoleksi mainan Diecastnya dengan berdasarkan warna. Misalnya dia senang sekali dengan warna Merah. maka, mobil merk apapun, jenis dan type apapun asal dia ketemu warna merah dia beli dan kumpulkan.

4. Koleksi Berdasarkan Tanda-Tanda tertentu

Jika melihat koleksian dengan type ini, membuat kita tidak menyangka mereka suka karena apa. jadi harus kita tanya jika melihat koleksian mereka. Saya pernah dikasih tahu koleksi diecast karean ada daun spionnya. Beberapa diecast dari Hotwheels misalnya, mobil yang ada daun spion nya itu nggak banyak. atau mungkin juga karena eror atau cacat pabrik.

Dan sebenarnya mash banyak lagi yang lain, tinggal bagaimana kamu bisa membuat rule bagi kamu sendrii, untuk menoleksi yang seperti apa. Rule tersebut akan menjadi batasan, seberapa banyak yang akan kamu koleksi. Dan kalau saya sendiri lebih suka keseragaman. Seragam dari segi bentuk. maupun seragam dari segi corak dan warna.

Yang pasti, kita nggak usah minder dengan apa yang dimiliki orang lain. Lalu membandingkannya dengan milik kita yang kita anggap mungkin lebih jelek, lebih sedikit. Tidak usah khawatir dan risau akan hal itu. Setiap kolektor Diecast akan menghargai berapapun jumlah maupun bentuk diecast yang kamu miliki. saya yakin itu.

Yang punya saran, komentar dan kritikan, silahkan komen dibawah ya. Makasih banyak. Salam Diecast dari Mempawah, Kalbar.

Komentar