The World's Smallest 13, 14, 15 Inch Laptop


Zenbook tertipis di dunia
Zenbook 13 Inch. The World's Smallest
Asus bawa laptop tertipis di dunia ke Indonesia. Yup, temanya kali ini adalah "The World's Smallest 13, 14, 15 Inch Laptop". Saya bangga dan senang diberi kesempatan untuk merasakan kehebatan Zenbook terbaru dari ASUS di acara peluncuran Zenbook terbaru di Jakarta yang lalu. Kalau dulu HDD segede Gaban, nah ini laptopnya aja setipis kelingking saya. Lagi ngebayangin dimana HDD nya yah? Lagi ngebayangin juga kalau Zenbook ini saya bawa tugas ke lapangan untuk membuat kalkulasi dari hasil survey lapangan yang biasa saya lakukan, pasti membuat semua menjadi lebih mudah.

Oiya, sebelum jauh mengulas ini semua, perlu saya beritahu dulu bahwa type yang diusung kali ini adalah UX333FA untuk yang 13 Inchi, UX433FA untuk yang 14 Inchi dan yang 15 Inchinya adalah UX533FD.

Freddy Hernawan mencoba Zenbook
The Design
Okey, cukup intermezonya. Yok kita ulas apa saja yang menarik dari Zenbook kali ini. Hal pertama tentunya adalah design. Secara design, ketiga ukuran Zenbook ini memiliki design yang serupa. hanya saja ukuran layar yang berbeda. Seperti halnya mencari pasangan hidup, ada ungkapan "dari mata turun ke hati". Mungkin prinsip ini juga yang dipakai oleh ASUS dalam menciptakan Zenbook kali yah guys. Jujur saja, ketika saya melihat pertama kali design Zenbook UX331, saya langsung jatuh cinta dengan seri Zenbook. apalagi setelah kemunculan Zenbook UX333, beee... cintanya makin kuat aja :) 

Penampakan Port I/O pada Zenbook

Zenbook Under My Hand
Ini adalah salah satu Zenbook 13 Inchi. bisa anda bandingkan ukurannya dengan tangan saya. begitu ringkas bukan? ya ukurannya seperti kertas A4.

Arsitektur Lubang Pembuangan Udara yang modern
Tuh liat penampakan pada foto-foto diatas, bener-bener buat jatuh cintakan dengan design nya?

Ukuran Zenbook UX333 lebih kecil 14 persen daripada UX331 seri perdananya. Namun tidak mengurangi luas penampang layar tampilan. Karena hanya mengurangi lebar bezle layar, dengan menggunakna teknologi "Nanoedge". So layar tetep luasnya 13 Inchi.

14% lebih kecil dari generasi sebelumnya

NanoEdge Display
Nah diatas tadikan kita sudah sedikit menyinggung tentang NanoEdge. Sehingga ukuran laptop bisa menjadi lebih kecil tapi penampang layar tetep di ukuran 13, lalu maksudnya nanoEdge itu apa sih?
yang dimaksud dengan NanoEdge display adalah membuat bingkai layar dari Zenbook atau istilah lainnya "bezel" menjadi lebih tipis. Yaitu untuk bagian samping (kiri dan kanan) berukuran 2,8 mm, pada bagian bawah 3,3mm dan pada bagian atas untuk mengakomodasi peletakan webcam yaitu hanya selebar 5,9mm. Sehingga jika diperhatikan maka ukuran luas dari laptop ini tak lebih dari ukuran kertas A4.
NanoEdge Display
Visual
Setelah mengulas design yang apik dan elegant, sekarang saya mau bahas soal kualitas dari layarnya. walaupun laptop ini berukuran kecil yaitu 13, 14 dan 15 inchi, namun tetap kualitas dari hasil output dilayar menggunakan teknologi tertinggi, yaitu FHD 1920 x 1080. Sehingga detail tulisan dan gambar tetap terlihat tajam.
Dengan visual FHD 1920 x 1080
Ergolift Hinge
Apaan lagi nih Ergolift Hinge ini?

3 Manfaat Fitur Ergolift Hinge pada Zenbook
Ergolift Hinge adalah sebuah karya yang diciptakan Asus demi tiga hal mendasar, yaitu kenyamanan pengguna Zenbook, optimasi pembuangan udara dan audio pemformane enhanced. Dengan sudut kemiringan keyboard yang terangkat ketika layar dibuka keatas membentuk sudut lengan dan keyboard menjadi lebih pas, lengan tak mudah lelah berlama-lama mengoperasikan si Zenbook kesayangan. Begitupula dengan airflow pada lubang pembuangan udara panas menjadi lebih optimal dan pantulan Audio ke meja menjadikan lebih merdu.

Penampakan dari samping ketika Zenbook dibuka
Warna
Untuk seri 13 Inchi UX333 terdapat dua warna, yaitu Royal Blue yang prestigious atau Icicle Silver yang canggih, keduanya cantik ditambah dengan panel trim Rose Gold yang kontras di atas keyboard untuk sentuhan ekstra mewah. Warna Royal Blue yang elegan terinspirasi oleh keindahan menakjubkan matahari terbit keemasan di atas samudra biru tua. Icicle Silver yang canggih mencerminkan kontras yang menakjubkan antara emas asli dan perak cahaya bulan.





Performance
Dirancang untuk menyempurnakan kreativitas Anda, ZenBook hadir tanpa mengorbankan kinerja demi ukuran. Laptop ini dibangun untuk memberikan segala performa yang Anda butuhkan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan komputasi dengan mudah. Zenbook sudah menggunakan System Operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows 10. Dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ terbaru yaitu generasi ke 8, baik untuk seri core i5 maupun i7, yang dikemas dengan komponen berkualitas dan berperforma tinggi, Zenbook tidak akan membuat Anda menunggu, ketika mengerjakan dokumen kompleks, mengumpulkan data, editing foto dan video, atau bermain game untuk mengisi waktu luang, Zenbook memungkinkan Anda untuk mengerjakan lebih banyak dengan penyelesaian yang lebih cepat.


Koneksitifitas
Sebagai seorang profesional, kita harus tetap terhubung secepat mungkin. ZenBook  dilengkapi dengan Wi-Fi kelas gigabit dan teknologi ASUS Wi-Fi Master, sehingga kita dapat menikmati unduhan ultra cepat dan streaming yang lancar dengan jangkauan yang lebih besar dan koneksi jaringan yang lebih stabil daripada sebelumnya. Selain itu, teknologi terbaru Bluetooth® 5.0 memberikan kita segala manfaat dari periferal berdaya rendah terkini dan berbagai aksesoris lainnya.

Koneksitifitas
ZenBook juga menghadirkan port USB-C™ yang revolusioner untuk koneksi apa pun dan transfer data USB 3.1 Gen 2 yang super cepat. Dan Anda juga akan menemukan port USB 3.0 Tipe-A, port USB 2.0, port HDMI dan pembaca memori MircoSD, sehingga mudah untuk terhubung ke semua periferal Anda saat ini dan di masa mendatang.

Li-polymer Battery
ZenBook ditenagai oleh baterai berkapasitas tinggi yang tidak akan mengecewakan Anda, betapapun lama dan beratnya hari kerja Anda. Perjalanan yang diperpanjang atau pertemuan sehari penuh bukanlah masalah bagi ZenBook, bahkan ketika pasokan listrik terbatas. Dengan daya baterai 50 Wh, kemampuan baterai mampu tahan sekitar 12 - 15 jam (tergantung dari penggunaan). 

Keyboard dan Touchpad yang nyaman
Keyboard dan Touchpad 
Walau dengan ukuran laptop yang ringkas, namun tangan dan jari-jari saya masih nyaman dalam pengoperasian laptop ini. Untuk produktivitas yang mudah saat bepergian, ZenBook dilengkapi dengan keyboard backlit ukuran penuh yang memberikan pengalaman mengetik yang luar biasa. Ini adalah mahakarya ergonomi.

Dan tentu saja, engsel ErgoLift memastikan selalu miring pada sudut yang sempurna untuk kenyamanan.

Audio
Untuk menciptakan generasi berikutnya dari teknologi audio ASUS SonicMaster, tim ASUS Golden Ear bekerja dengan ahli audio terkenal Harman Kardon. Hasilnya mencengangkan. Perpaduan yang disesuaikan dari hardware yang unggul, termasuk teknologi penguat pintar yang memberikan suara lebih keras tanpa distorsi dan software yang dirancang dengan cerdik memastikan bahwa ZenBook memberi Anda pengalaman audio terbaik.

Quality
ZenBook memenuhi standar militer MIL-STD-810G yang sangat menuntut keandalan dan daya tahan, menjalani uji coba yang berat yang mencakup pengujian lebih lanjut untuk pengoperasian di lingkungan yang keras termasuk ketinggian yang ekstrem, suhu dan kelembaban. Ini juga telah lulus tes laptop internal ASUS yang jauh melebihi standar yang ditetapkan oleh industri.
Standar Militer MIL-STD-810G
Demikian ulasan kita kali ini guys. Semoga bermanfaat. Dan tak lupa saya ucapkan Terima kasih banyak,  karena sudah berkunjung ke blog saya ini, baik lewat hasil searching google maupun hasil undangan saya :) Semoga kedepan masih diberi kesempatan untuk memberikan ulasan-ulasan lain. Dan yang terakhir, sebagai bonus tulisan saya: foto saya memangku si Zenbook :)
Saya dan Zenbook

Komentar