Narasumber Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP IRT) di Kabupaten Mempawah


Freddy Hernawan
Terima kasih kepada Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemerintah Kabupaten Mempawah, yang telah mengundang kami, Dinas Penanaman Modal, Koperasi, UKM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mempawah sebagai Narasumber Penyuluhan Keamanan Pangan dalam rangka Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP IRT) Melalui Online Single Submission (OSS). 

Karena Tugas Pokok kami, selain melayani pelaku usaha dan Masyarakat dalam hal mendapatkan legalitas perizinan usahanya, juga sebagai pendamping dan memberikan penyuluhan bagaimana proses perizinan dilaksanakan. Sehingga, kegiatan ini menjadi sebuah jalinan kerja sama yang baik, Simbiosis Mutualisma. Harapan kami, semoga kegiatan ini akan terus ada. 

Dan secara pribadi, Saya ucapkan terima kasih kepada Plt. Kadis DPMKUKMPTSP, Bapak Ir. Teddy Prawoto M.Si yang telah mempercayakan kepada saya untuk membawakan Materi SPP IRT melalui OSS di Acara Tersebut. Hal ini tentu menjadi pengalaman berharga bagi saya, sebagai bahan pembelajaran kedepannya. 

Foto Bersama Panpel dan Perserta

Banyak hal yang kita dapatkan dari kegiatan tersebut. Diantaranya, masih banyak yang belum paham bagaimana menggunakan email (surat elektronik). Karena di System OSS ini, pendaftaran akun harus menggunakan alamat email yang valid. Ada yang sudah punya email, tetapi lupa dengan passwordnya. ada juga yang binung mengisi form nomor telepon (HP) yang sebelumnya dalam form sudah terisi +62, tinggal meneruskan angka setelah 0 (Nol). Ada juga hambatan yang utama yaitu jaringan Internet yang masih lamban.

Namun tidak mengapa, permasalahan-permasalahan yang ada kita coba selesaikan. Saya dan Staf saya Julianus Wiyadi berusaha, Kita pelan-pelan membantu para pelaku usaha menyelesaikan permohonan NIB di OSS tersebut. Dan Alhamdulillah.. dari rencana target saya 32 peserta semuanya mendapatkan NIB di hari yang sama kita berhasil menerbitkan satu Nomor Induk Berusaha, yaitu UKM Usaha Keripik Singkong.Hal itu selain dikarena masalah-masalah diatas, juga karena keterbatasan waktu. 

Harapan saya, semoga dari kegiatan itu kawan-kawan UKM dapat memetik ilmunya dan dapat memproses perizinannya secara mandiri, bermanfaat dan terus maju. Amiin.

Komentar