Ide: Battery/Aki yang Dapat melakukan Charging Sendiri

Belakangan ini saya sedang asyik ngutak atik aki bekas sepeda motor Yamaha Vixion saya. Akinya udah lama soak, dan nggak bisa dipakai lagi. Jadi untuk menghidupkan Vixion nya pakai kick Starter alias manual. Oiya, jauh sebelum itu juga berusaha ngutak atik aki mobil yang juga soak. kalau udah di cas, beberapa hari kemudian low voltage. Alias nggak tahan lama. 

Charging Aki
Charging Aki

Nah, dari ngutak atik aki2 itu, saya jadi kepikiran, "kenapa nggak enggak aki dapat melakukan charging sendiri? atau, dapat melakukan pemulihan daya secara mandiri? Ya bisa jadi suatu waktu di masa depan hal itu bisa terwujud.

Muncul ide atau pikiran itu gimana?

Kalian pada tahu kan soal jam tangan kinetik? kalau nggak tahu soal jam tangan kinetik bisa baca tentang cara kerja jam kinetik. tapi intinya jam kinetik itu nggak perlu baterai seperi jam pada umumnya. jam kinetik bergerak karena gerakan kinetik pendulum yang ada dalam jam tersebut. Oleh karena itu, jam kinetik sejatinya memang harus digerakkan, sehingga pendulum dalam jam kinetik dapat selalu "bergetar" dan menggerakkan jarum-jarum jam.

Pemikiran kedua adalah adanya generator listrik yang digerakkan oleh gaya yang dihasilkan oleh magnet. Banyak sekali artikel maupun video yang mempersembahkan bagaimana magnet dapat menciptakan listrik. yup, magnet menggerakkan sesuatu, lalu dari energi gerak tersebut dapat menggerakkan generator dan akhirnya menghasilkan listrik. Dari listrik ini dapat melakukan charging ke aki.

Memang untuk sekarang ukuran generator atau penghasil daya listrik dari energi gerak mungkin nggak muat dimasukkan dalam sebuah aki atau baterai. Karena kita tahu ukuran generator cukup besar, dan aki ukurannya kecil. Tetapi.. bisa saja sebuah teknologi masa depan, menciptakan generator mungil, dan memasukkannya kedalam sebuah aki :) Sehingga aki secara mandiri dapat melakukan charging dirinya sendiri.

Kalau hal itu sudah terjadi, tak menutup kemungkinan perangkat yang menggunakan baterai atau aki nggak perlu lagi repot untuk di cas.

Komentar