Selasa, 29 Maret 2016

Andromax R2 Review

Dari acara Peresmian jaringan 4G LTE Smartfren yang saya hadiri beberapa waktu lalu di Hotel Harris Pontianak, saya di hadiahi sebuah Andromax R2. Setelah postingan unboxing lalu, berikut ini saya menulis review tentang Andromax R2 tersebut.




Dalam paket penjualan Andromax R2, dikemas dengan rapih plus sebuah sim card Smartfren yang sudah support 4G LTE. Tak heran, karena memang smartfren adalah provider jaringan (telekomunikasi) Mobile. Dengan adanya simcard perdana pada paket penjualan Andromax R2, kita tidak perlu repot lagi mencari simcard. kecuali bagi user yang ingin memasukkan sim card kedua. Namun demikian, sim Card smartfren yang sudah terdapat dalam handphone harus di daftarkan dulu ke galery terdekat.



Hal menarik pertama ketika melihat handphone ini adalah frame body yang terbuat dari bahan metal, sehingga terlihat lebih kokoh dan elegant. Handphone ini cocok sekali bagi civitas akademi, maupun intelektual muda.

Di dalam genggaman tangan saya, terasa nyaman dan tidak licin. sehingga tidak khawatir jatuh dari tangan dan jika digunakan oleh anak-anak.

Layar yang mudah ketika disentuh begitu spontan untuk diakses. ketika saya mencoba melakukan pengetikan di tut layar sentuh, terasa nyaman sekali. mengetik SMS, Messenger dan lain-lain begitu responsif. 

Fasilitas yang paling saya suka dari andromax adalah wake on nya yang hanya tinggal mengetuk layar dua kali, makan layar akan menyala dan tinggal membuka kunci. jadi tidak perlu menekan tombol power.

Ketika digunakan untuk menelepon, suara jernih sekali. dan respon time nya sangat pendek. Beberapa detik saja sudah sampai dan tinggal di hang up. Apalagi ada fasilitas volte (voice over LTE), yaitu menelepon dengan mode video, secara face to face dengan jaringan LTE yang ada. sehingga koneksi data tidak terganggu dan tetap berjalan walaupun dalam keadaan menerima panggilan telepon.

Aplikasi yang tersedia dari provider cukup banyak. Mulai dari funsgi sebagai pendukung jaringan dan layanan maupun sekedar tool.





Kamera yang sudah mendukung sensor 13 MP menghasilkan gambar yang tajam dan cepat.



Fasilitas kompas dan gyro yang sudah tersedia pada andromax R2 memukau saya. bagi yang suka membuka peta ataupun kompas perangkat kompas dan gyro yang terdapat dalam perangkat ini menjadi hal utama.


Harga
Untuk Harga, Smaftren Andormax R2 ini terbilang murah dengan spesifikasi yang tinggi. proc sudah menggunakan octa core (delapan inti) dan Ram 2 GB, dikasih bandrol 1,7 Jt Rupiah.

Plus minus sebuah gadget tentulah ada. jika ada plusnya, tentu ada pula minusnya. Menurut saya minusnya handphone ini adalah:
  1. Hal yang saya sayangkan adalah Sim Card pada slot pertama yang di Lock dengan sim card Smartfren :) Karena jika Slot pertama dipakaikan dengan sim card dari provider lain, tidak  bisa digunakan. Kalaupun simcard kedua dipakai, hanya mendukung koneksi GPRS untuk data, selain telepon dan sms tentunya. Karena di beberapa daerah, coverage smartfren masih belum menjangkau.
  2. Baterai yang tidak bisa dilepas, menyatu dalam body handphone, akan menyulitkan jika terjadi eror atau hang. handphone akan sulit untuk dimatikan (lepas Baterai). Sehingga harus menunggu baterai habis, baru bisa dilakukan reset.

Demikian hasil review Andromax R2 yang saya buat. untuk kesimpulan spek bisa dilihat pada data dibawah ini.

Spesifikasi Andromax R2 4G LTE:

Layar : 5 inchi HD 1280×720 piksel type LCD IPS dengan kerapatan layar 294 ppi
Dimensi : 142,2×70,6×6,85 mm
Desain : Alumunium frame dengan gaya unibody, non removable battery
SIM ; Dual SIM Card, SIM 1 Locket 4G LTE Smartfren, SIM 2 GSM, type SIM Card Micro
Chipset : Qualcomm Snapdragon 415 MSM8929
Prosesor: ARM Crtex A53 64 bit Octa core berkecepatan 1,36 GHz
RAM : 2 GB LPDDR3
Memori internal : 16 GB eMMC 4,5
Memori eksternal : tersedia Slot MicroSD
Kamera depan : 5 MP Sensor Samsung S5K5E2 dilengkapi LED Flash
Kamera utama : 13 MP Sensor Samsung SOCELL dengan Dual Tone LED Flash
Konektivitas : Bluetooth, WiFi, VoLTE, 4G LTE, EDGE
Baterai : Li Ion 2320 mAh
Harga : 1,7 Jt

11 komentar:

  1. Mantap reviwnya bang lengkap, barusan saya selsai nulis juga bang :D

    BalasHapus
  2. Saya mengalami hang saat Andromax R2 ganti user dia berhenti dengan menampilkan popup bertuliskan "Switching to [nama user]...", ada yang bisa bantu cara restnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kasus tersebut baru saya dengar. coba akun yang sebelumnya jgn dihapus dulu. buat atau log in ke akun google yang lain. kalau bisa log in, yng lama di delete. kalau nggak bisa log in juga di reset to factory. kemungkinan besar ada bug di OS nya.

      Hapus
  3. Sinyal jelek jadi menyambungkan terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di beberapa lokasi sinyal memang masih minim. Mereka masih dalam taham perluasan cakupan sinyal.

      Hapus
  4. Sinyal jelek jadi menyambungkan terus

    BalasHapus
  5. bang nanya dong. kok aku mau ganti kartu di sim 1 ga bisa ya. pdhl aku ganti nya smartfren juga... trus pas aku pasang di sim 2 kebaca tapi sinyal nya ga ada.. itu gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh.. kalau soal teknis sejuga yah. tapi setahu saya memang sim 1 Khusus sim smartfren. jadi kalau dimasukin sim dari provider lain nggak bakal jalan. jadi, kalau ada masalah juga dengan sim lain walo sama2 smartfren, saya ndak bisa jawab.

      Hapus
  6. bro nanya..klo qwerty blum ketik bisa ketik sendiri andromax R2 apa yg rusak?

    BalasHapus
  7. Selamat siang ,
    Mw tanya nich..Kebetulan Saya bru pakai max r2 d kasih ma sodara,tapi kartu smartfen nya blm punya…lalu saya pasang sim gsm nya aja,stlah sya nyalakan hp nya ko g k detek ya sim gsm nya…bingung cmpur pusing apa masalah nya y…? mohon ijin pencerahan nya
    trm kasih

    BalasHapus

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)