Minggu, 13 Maret 2016

Menghitung Waktu Proses Pengecasan Baterai

Sesuai janji saya (pada artikel tentang memilih Charger yang tepat) untuk menuliskan bagaimana menghitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengecas sebuah aki atau baterai..?

Sebenarnya ini bukan kasus baru, ini sudah lama sekali. 

Sejak saya dan kawan2 Pemain Tamiya Mini4wd mulai menggunakan baterai charge Ni Cd, Ni Mh dll sebagai sumber daya penggerak motor DC, banyak yang membuat pengecas sendiri. kami sebelumnya menggunakan baterai berjenis carbon atau alkali. Tetapi jika menggunakan betari carbon dan alkali biayanya akan besar sekali untuk membeli Baterai tersebut. dengan baterai cas, akan lebih mengirit keuangan. Selain itu, karena pengecas di pasaran bisa sangat lama kalau mengecas. ada yang 12 jam, ada juga yang 8 jam. Oleh karena ketidak puasan itu, kebanyakan dari kami membuat alat charger baterai sendiri. Dan yang terbaru sekarang ini ada yang 2 atau 1 jam saja.


Alat charger yang kami buat itu terdiri dari rangkaian adaptor biasa dengan trafo yang memiki kuat arus yang besar ataupun menggunakan Power Suplay Komputer desktop, bahkan ada yang membuatnya dari PSU Server. Alasan menggunakan Trafo dengan ampere yang besar untuk pengecas adalah supaya proses pengecasan tidak memakan waktu yang lama. Semakin besar Amperenya, maka akan semakin cepat. 

yang muncul pertanyaan kemudian adalah, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan charging baterai jika kuat arus dan kapasitas baterainya diketahui?
untuk menjawab pertanyaan itu sudah banyak sekali aplikasi yang dibuat. namanya adalah Battery Charge Time Calculator. atau biasa orang menyebutnya sebagai baterry calc (Kalkulator baterai). Dengan aplikasi tersebut, bisa mengetahui waktu yang dibuhkan untuk mengisi daya pada sebuah baterai. Intinya, semakin besar kuat arus yang ada pada sebuah charger, maka prosesnya akan semakin cepat. semakin besar kapasitas baterainya maka prosesnya akan semakin lama. 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)