Kamis, 31 Desember 2015

Zenfone Selfie: Mode Camera Manual Speed

Pada bahasan kali ini saya akan memberikan tips dan cara bagaimana memanfaatkan mode Manual Speed pada Asus Zenfone kesukaan saya yaitu Zenfone selfie. Pada zenfone selfie khususnya pada settingan Camera, terdapat beberapa pilihan, yaitu ada auto, Manual,dan lain-lain.

Salah satu settingan yang paling menjadi favorite (kebanyakan) fotografer untuk kmera digital adalah settingan manual. Alasan kuatnya adalah dengan settingan mode manual ini, kecepata rekam (speed) pada foto bisa diatur sedemikian rupa sehingga detail foto bisa mendekati dari apa yang fotografer inginkan.

Misalnya saja seorang fotografer ingin mengambil foto gerakan lampu kendaraan dimalam hari sebuah jalan raya kota. Hal ini biasanya menjadi favorite para street fotografer night. Contoh lain membuat foto gelombang air laut atau sungai yang sedang mengalir secara low speed. Selain itu juga dengan manual speed pada camera juga lebih gampang untuk melakukan teknik foto Panning, yaitu melakukan pemotretan dengan mengikuti arah objek foto. Pada teknik Panning ini biasanya objek fotonya sebuah kendaraan atau benda yang sedang bergerak. Sehingga memiliki efek backgroudnya seolah-olah sedang bergerak.

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas perihal low speed pada settingan manual speed dan bermain-main dengan cahaya kembang api.

Baiklah, mari kita mulai ulasan bagaimana caranya.
Pertama-tama yang harus kita siapkan untuk membuat mode fotografi malam adalah tripod. karena dengan adanya tripod hasil foto lebih kokoh dan tidak shake atau bergoyang/bergetar.

Hasil Foto malam dengan Mode Auto (Normal/Default)
 Disini kemudian saya mencoba dengan mode manual speed, yang terdapat pada bagian kiri bawah layar dengan tampilan kota-kotak. Pada menu setting saya atur EV nya ke -2 untuk menurunkan (step down) pencahayaan supaya tidak over exposure pada settingan waktu / speed. sedangkan pada ISO saya setel pada yg terkecil, yaitu 50. dan speed saya coba ke 4 detik. lalu saya memberikan kesempatan pada anak saya Najwa untuk bermain kembang APi.
hasil foto dari settingan pertama adalah sebagai berikut:

Hasil dengan Over Exposure
Ternyata dengan setelan speed 4 detik (second) hasil foto tidak maksimal, atau over exposure. kalau dalam istilah film analog ini disebut sebagai "terbakar".

Baiklah, pada percobaan/ review kedua, settingan manual speed saya atur speednya menjadi 1 detik saja. sehingga bisa dikatakan adanya penurunan Exposure sebagai 2 step up.
ini adalah hasilnya:
Hasil foto dengan speed 1 Detik
Akhirnya berhasil. Planning saya untuk menangkap gerakan kembang api yang diputar2 anak saya bsia tertanggap dengana baik dan sempurna. Kegiatan serupa bisa juga digunakan untuk pedang light saber Star wars :)

Dan dibawah ini beberapa foto dengan pengaturan speed setengah detik:




Baiklah, demikian review saya tentang Camera pada Zenfone selfie dengan mode manual speed. Selamat mencoba dan ber experiment.

1 komentar:

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)