Minggu, 05 November 2017

Review Rowdy Bull, Mini4wd Mesin Depan FMA Anyar dari Tamiya

Rowdy Bull By Hernawan.net
Hallo teman-teman pecinta mini4wd, kali ini saya kedatangan mobil anyar dengan design chasis baru keluaran Tamiya untuk tahun 2017 ini, seperti yang tertera di judul tulisan ini yaitu Rowdy Bull.

Mobil mini4wd kali ini menurut pendapat saya adalah mobil yang special. Mengapa special? Karena mobil ini adalah mobil mainan pertama dari Tamiya mini4wd yang menggunakan chasis model terbaru, yaitu yang diberi nama FM-A. FM adalah kependekan dari Front Machine. Sedangkan A adalah turunan dari AR. Mungkin kalau mau ditulis FM-AR akan kepanjangan, jadinya dibuat saja oleh Tamiya FM-A.

Chasis FM-A adalah Adopsi dari Chasis AR yang di-launching oleh Tamiya pada Tahun 2013 dengan mobil pertama adalah Avante Aero, 4 tahun lalu dengan serie AERO.

Okey sudah cukup intermezonya, yuk kita simak apa saja kelebihan dan kekurangan mobil Rowdy Bull ini dilihat dari Chasisnya terutama. iya kali ini saya akan lebih fokus ke chasisnya.

Rowdy Bull First Look
Welcome to my garage hai Rowdy Bull :)

Include
Melihat dari spek yang ada, ketika kita membeli rowdy bull akan mendapatkan 1 buah kit mobil, dengan ukuran ban small diameter, low profile. Ngomong-ngomong nih guys, ban dengan ukuran ini adalah ban favorite saya untuk turun track. Karena ban ukuran segini nggak kekecilan dan nggak kebesaran juga.ukuran nya di tengag-tengah. 

Lalu ada warna velg dengan model A-Spoke yaitu silver.

Selain ban dan Velg, juga ada gear dengan rasio 3,5:1. yaitu pasangan biru muda dan kuning. kalau di gear seri standart (selain yang hijau) rasio gear ini adalah gear utk RPM roda yang tinggi. 

Penampakan Chasis dari depan
Pada bagian depan chasis ini terdapat bemper yang kuat dan kokoh. Dan lubang yang cukup untuk dudukan FRP maupun dudukan baut roller. Namun, menurut saya, design yang terkesan maju kedepan, kurang cocok utk setup pro, karena nanti akan banyak dipotong oleh orang.

Posisi Ketika Gearbox terbuka
Penampakan ketika gear sudah terpasang pada chasis mobil. Maka agak sulit memasukkan mesinnya, harus kepala pinion dulu yang dimasukkan, baru kemudian posisi kepala mesin.

Saklar pada FM-A
Posisi saklar on-off terdapat pada bagian belakang bawah pada mobil. Hal ini umum dan lumrah, namun yang berubah adalah model saklarnya yang menurt saya keren.
Oiya, plat tembaga terminal maupun saklarnya mirip banget dengan punya Chasis AR, jadi mereka bisa berbagi pakai atau saling tuker.
Dudukan samping, side wing
Dudukan samping banyak sekali lubang, sehingga memudahkan kita untuk menentukan dimana memasang hanging damper, roller ataupun stabilizer jika ingin dipasang di samping.
Tampak bawah

Gear Box
Diatas adalah gambar perbandingan gearbox pada Chasis AR (yang putih) dan Gearbox FM-A (warna hitam)
Perbandingan Gearbox
Untuk gearbox, ketika saya bandingkan dengan dan coba pasang pada Chasis AR ternyata gearbox FMA-A dapat digunakan dengan mudah dan gampang. Namun ketika Gearbox AR kita masukkan ke FM-A tidak muat. Karena ada bagian yang menonjol (diantara terminal) dan harus di potong sedikit agar muat.
Kunci Body
Chasis model baru, didukung juga dengan kunci bodynya dengan design yang baru pula. Futuristik menurut saya, menyesuaikan dengan model mobil yang elegant dan mewah. Knalpot dengan model mobil sporty.
Kunci Body terpasang
Dan diatas adalah penampakan ketika kunci mobil dipasang pada mobil. terlihat keren kan?


Demikian ulasan saya kali ini. kapan-kapan kalau udah nemu track, akan saya coba di track dan mau lihat bagaimana hasilnya.

Jika ada pertanyaan seputar mini4wd, silahkan komen di bawah pada kolom komentar.

1 komentar:

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)