Sabtu, 15 Juli 2017

Mengapa Facebook Banyak Penggunanya di Indonesia?

Melihat berita belakangan ini, perihal (kegaduhan) kominfo Indonesia yang akan memblokir facebook karena dianggap sarang teroris, membuat banyak sekali pendapat bermunculan di masyarakat (netizen). Ada yang beranggap langkah pemerintah ini langkah yg malas. Ibarat mau membuang hama tikus di lumbung padi, tapi malah lumbungnya yg dibakar.

Ada juga yang beranggapan dan sekaligus bertanya "mengapa Indonesia tidak membuat sosial media sendiri, jika facebook diblok.
Mengikuti langkah negeri tiongkok, yang memblok google dan mereka membuat search engine dan sosial media mereka sendiri. Ya.. ada banyak sekali tanggapan yang muncul ke permukaan dari masyarakat terkait wacana pemblokiran facebook.

Telegram yang sudah diblokir oleh Pemerintah
Facebook terbangun atas dasar Komunitas

Sesuai dengan tema tulisan, Mengapa facebook begitu banyak penggunanya di Indonesia? Dan begitu subur pertumbuhan penggunanya. Salah satu alasan kuat mengapa Facebook bertumbuh subur di Indonesia, karena facebook menggunakan kekuatan komunitas. Terbangun atas kebersamaan. Mirip2 bbm jaman dulu. Orang pakai BBM karena BBM banyak yang pakai. Hal inilah yang saya sebut sebagai terbangun karena komunitas. Facebook terbangun atas dasar banyak yang pakai.

Di Indonesia bukan tidak ada sosial media
Bukan tidak ada sosial media bikinan anak negeri, namun karena sedikit peminatnya. Tidak dibangun atas dasar kebersamaan. Sama2 bergerak untuk digunakan. Kan lucu, jika kita yg gabung (katakanlah sosial media dalam negeri), tapi teman-teman kita yang lain nggak ikutan gabung. Dan masih stay di sosial media yg lama (misal: facebook). mau tahu danliat sosial media buatan anak Indonesia bisa nengok disini dan disini.

Google Plus masih kalah populer dari Facebook
Sampai-sampai google juga ikut penasaran dengan kekuatan sosial media, dengan membuat google plus, tapi sulit bagi mereka untuk menyaingi kepopuleran facebook. Padahal aplikasi google plus pernah/banyak dijadikan aplikasi default untuk sebagian handphone ber OS android. Yang kita tahu, bahwa pengguna smartphone ber OS android begitu banyak dipakai netizen.

Kesimpulan:
Ada banyak dampak yang akan diakibatkan jika facebook benar-benar diblokir oleh pemerintah. bisa jadi pertumbuhan aplikasi berbasis web di Indonesia akan lebih baik. Namun perlu diingat juga bahwa kestabilan server untuk menunjang itu juga harus diperhatikan. 

Bagi yang ingin kasih komentar, silahkan, jangan ragu2 :)
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)