Sabtu, 03 Juni 2017

Tips Menulis Review Yang Baik dan Benar

Ada kawan blogger yang nanya ke grup sebuah komunitas, "Bagaimana sih membuat tulisan review?" Karena awalnya mungkin dia adalah penulis bergenre jurnal atau tulisan-tulisan diary di dalam blognya. memang ada sedikit perbedaan dalam menulis sebuah review produk atau barang. Apalagi biasanya dalam tulisan review ada "promosi" di dalam nya.

walo saya buat reviewer yang hebat dan terkenal, tetapi tak ada salahnya kan saya berbagi dalam tulisan kali ini? Berikut adalah tips bagaimana membuat tulisan review yang baik dan benar.

Struktur dalam membangun Tulisan Review
Pertama-tama yang harus diperhatikan dalam menulis review adalah memperhatikan struktur tulisan. Di dalam struktur tulisan pada umumnya ada BAB I, sebagai Pendahuluan dan seterusnya. Yang kemudian diakhiri dengan Kesimpulan. yang di dalam kesimpulan pada umumnya diberi Saran dan kritik yang membangun. Itulah sedikit contoh sebuah struktur tulisan.



1. Pengenalan Produk
Struktur umum penulisan Review biasanya adalah, Pengenalan produk, data teknis produk, hasil penggunaan atau pengujian oleh si reviewer, kemudian kesimpulan. Di bagian pengenalan produk ini sangat penting. Ibarat kita mau kenalan dengan orang yang akan melakukan kerja sama dengan kita di kantor. Kita kenalan siapa nama kita, alamat rumah dimana, sudah beristri atau belum. dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan pengenalan produk, biasanya di kenalin produk ini berasal dari mana, siapa pendirinya, typenya apa, sudah berapa type yang dikeluarkan untuk produk sejenis dan lain-lain. Semakin lengkap dalam pengenalan ini , maka akan semakin baik.

2. Data Teknis Produk
Setelah pengenalan produk sudah selesai, masuk ke data teknis produk yang direview tersebut. data teknis ini biasa didapat dari pengukuran sendiri, atau didapat dari bahan referensi. Data teknis misalnya berupa ukuran produk, bahan-bahan yang digunakan, daya tahannya terhadap gangguan dari luar dan lain sebagainya.

3. Data Hasil Analisa Penggunaan Produk
Bahasan yang ketiga yang paling penting dari sebuah review produk adalah hasil dari menggunakan barang yang direview tersebut. Misalnya saja review sepeda motor. bagi seorang review, dia harus menggunakan sendiri motor yang dipakainya. di jalankan dan dioperasikan ke jalanan. So, bagi reviewer yang handal, mereka langsung menggunakannya. itulah mengapa banyak dari reviewer internasional, mereka datang dari professional. misalnya, untuk review Kamera, biasanya reviewer adalah orang yang pandai menggunakan kamera. Pandai disini artinya adalah orang yang profesional dan expert dibidangnya.

Yang kemudian jika dilihat orang lain hasilnya akan menjadi subjektif, itu tidak menjadi masalah. karena ini manusiawi. Misalnya ada mouse komputer yang diciptakan untuk orangyang bertangan kidal, tangan kiri. yang mereview adalah orang dengan tangan kanan. mungkin bagi dia akan sulit. tidak masalah hal itu diungkapkan saja. bisa dengan kalimat "bagi saya yang biasa bertangan tangan kanan, dalam menggunakan mouse ini akan terasa kesulitan". yang kemudian diberikan tambahan kalimat, "mungkin bagi yang bertangan kidal, akan lebih mudah menggunakannya". 

Hasil dari penggunaan produk itu biasanya berupa analisa. yang kemudian dibuat berupa Nilai angka dari 0 sampai 10 untuk tiap-tip komponen penilaian yang dibuat. Disinilah letak tantangan seorang reviewer. Mereka harus bisa dan pandai menganalisa dari apa yang mereka coba, dari apa yang mereka rasakan. Apakah nyaman dipakai, terasa bermanfaat dan lain-lain. dan mungkin saja mereka menemukan eror, atau trouble, hal-hal itu harus disampaikan secara real dan nyata. bisa berupa dokumentasi foto maupun video.

4. Kesimpulan
Setelah semuanya diungkap dan diuraikan secara rinci satu persatu, masuk ke bagian kesimpulan. di dalam kesimpulan biasanya dibuat sediikit perbandingan dengan produk lain yg sejenis, apakah wort it utk dibeli. Setelah itu, dimasukkan Saran dan keritik di akhir tulisan. Saran dan kritik sebagai pengguna tentunya. Misal ukuran yang terlalu besar disarankan dibuat dengan ukuran yang lebih kecil. Bahan metal yang mudah penyok dibanding bahan plastik maupun karet. dan bisa banyak lagi saran maupun kritik yang bisa disampaikan bagi pemilik produk maupun pembaca review.

Sekian ulasan saya tentang tips menulis review kali ini. Semoga bermanfaat. Salam.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)