Sabtu, 10 Juni 2017

Jurus-Jurus Dalam Game MOBA Mobile Legends: Bang Bang

Sudah dua bulan lebih saya install dan main game mobil legends di Asus ZE520KL milik saya. Namun saya perhatikan masih banyak pemain, terutama yang masih baru atau pemula yang belum mengetahui jurus-jurus atau skema permainan untuk memenangkan permainan. Pada umumnya mereka bermain saling egois, pengen nya mau jadi ADC (Attack Damage Carry) atau Marksman.

Yup, Pemain dengan type MM (singkatan untuk Marksman) adalah yang paling diminati, karena mudah dan gampang dimainkan. Selain itu juga termasuk karakter hero pembunuh sehingga lebih mudah mendapatkan MVP.
Baru maen 2 bulan, udah Grand Master V


Dalam tulisan saya kali ini, akan membahas bagaimana skema permainan yang baik. Karena untuk memenangkan permainan ini tidak hanya skill dan kecepatan tangan yang diperlukan, tetapi teknik dan skema permainan yang baik juga akan membawa kemenangan. Okey, nggak usah banyak basa basi lagi, hayok kita bahas. Oiya.. jika kalian belum paham dan masih banyak yang ingin ditanyakan silahkan aja via kolom komentar di bawah ini. nanti akan saya jawab dan jelaskan.

Ada dua hal umum yang perlu diperhatikan dalam menentukan team yang balance / Imbang. Nah, bagaimana atau apa itu team yang imbang? yaitu dilihat pada Skema Permainan dan Komposisi Pemain.

Skema Permainan
Seperti halnya bermain sepak bola, untuk memenangkan permainan harus menggunakan strategi atau skema permainan. Ada kiper, ada beck, ada Penyerang. untuk skemanya ada yang menggunakan 4 4 2, 4 5 1 dan lain-lain. Begitu pula dengan Mobile Legends (ML). Ada Tangker, ada Fighter dan Marksman. Semua nya harus di isi untuk mendapatkan skema yang cukup bagi 5 pemain. 

Dalam permainan Moba, Mobile Legends pada umumnya skema yang dipakai adalah: 
  • 1 Tank, 2 Fighter dan 2 Marksman. 
  • 1 Tank, 2 Fighter, 1 MM dan 1 Support/Charger.
  • 1 Tank, 1 Fighter, 1 Jungler, 1 MM dan 1 Support
Team yang imbang jika terdiri dari 1 tangker, 2 fighter dan 2 marskman. Tangker bisa berupa AP (Ability Power) tangker maupun fisikal Tanker. Sedangkan fighter bisa berupa (type) Magician Assasin (Selain sebagai killer MM musuh, biasanya juga merangkap sebagai jungler). Type Assasin ini kalau di sepak bola lebih mirip kayak playmaker atau gelandang. bisa ke bottom lane maupun ke top lane melihat musuh yang lemah dan membantu teman untuk defend karena diserang secara mendadak. fighter maupun Fisikal. Begitu pula dengan MM nya. Jangan memilih karakter yang sama pada 2 MM. Bedakan keduanya. yang satu pertype Ability power dan yang satunya bertype Fisik.

Komposisi Pemain
Kembali ke soal pemilihan pemain yang kebanyakan pengen jadi ADC (Pemain yang menyerang dari jarak jauh dengan type Fisik, biasa menggunakan auto attack tanpa skill), kalau semua pada berebut jadi MM atau type ADC, tanpa adanya tanker maupun support, skema permainan menjadi tidak imbang dan lemah ketika masuk kepada team battle atau pertempuran team 5 vs 5 pada lane yang sama, untuk melawan team dengan komposisi yang balance atau imbang.
Playing as Tanker and Support
Pada komposisi umum permainan 1 top tangker, 1 Jungler, 1 mid MM atau AP, dan 2 bottom lane biasa diisi dengan Support dan MM. komposisi ini adalah komposisi yang paling banyak dipakai dalam liga maupun kompetisi moba.

Kalau pada lane tertentu turet musuh sudah hancur, maka pemain yang sudah menghancurkan turet segera pindah ke lane yang turet nya belum hancur. membantu pemain lain untuk segera menghancurkan turet. hal ini sangat penting. untuk membuat team fight atau pertarungan team. Karena seorang tanker tidak mungkin ditinggal sendirian terus untuk menjaga top lane maupun membiarkan seorang support di bot lane sendirian. Mereka harus di bantu dan jangan asyik main pada lane sendiri. biasanya ada yang suka lupa dengan lane sendiri, melakukan pushing lane untuk menghancurkan turet musuh yang kedua (pada lane yg sama), lalu di kepung oleh musuh. dan disini kemungkinan besar akan mati. dan musuh mendapatkan free kill.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dan sering dilupakan: 

Lupa Memikirkan/berusaha menaikkan Level
Pada permainan awal saling cepat mencari experience. Ingat, Semakin tinggi level kita, maka akan lebih tinggi pula skill yang kita yang kita miliki. semakin tinggi skill, biasanya semakin tinggi damage yang dikeluarkan. untuk mempercepat naik level harus lebih banyak membunuh, baik itu pinion, maupun champ musuh.

Lupa Farming
Istilah farming ini adalah istilah untuk mengumpulkan uang. Selain menaikkan EXp untuk meningkatkan Skill ilmu, kita juga memerlukan uang untuk membeli Item (Senjata, Sepatu, baju dll). Oleh karena itu, farming juga sangat diperlukan dalam game MOBA. jangan memarahi teman yang sedang farming, tidak memukul mundur champ/hero musuh dan lebih memilih memukul monster atau pinion, karena mereka sedang melakukan farming.

Lupa Pushing Lane (Attack Tower)
Prioritaskan untuk menghancurkan turet atau tower musuh. biasanya seorang killer lupa untuk menhancurkan tyret karena keasyikan ngejar2 musuh dengan low HP. padahal lebih baik menhancurkan turet ketimbang harus mengejar musuh, yang biasanya di kahiri dengan kematian karena dijebak dan dikepung oleh musuh.

Okey.. Demikian tulisan singkat saya kali ini. semoga bermanfaat bagi pemain pemula di Mobile Legends. dan bisa menjadi pemain-pemain yang hebat. Kalau saya sempat, saya akan membahas teknik permainan yang lebih tinggi lagi.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)