Selasa, 14 Maret 2017

Cari Duit dengan Melakukan Personal Branding, apa itu dan bagaimana..?

Banyak dari teman-teman saya yang ingin sekali terkenal dari social media. dan tentu saja dengan demikian bisa endorse produk-produk. bisa endorse produk itu artinya akan dapat duit atau kiriman barang yang di endorse secara gratis. Liat saja ayu ting-ting di akun Instagramnya, sering sekali terlihat endorse produk. Agung hapsa yang sering terlihat menggunakan "Tolak Angin". itu sebenarnya juga barang endorse yang :"sengaja" diselipkan dalan videonya.

Pertanyaan yang sering muncul adalah, bagaimana bisa sebuah perusahaan mau minta endorse ke "mereka"?
Jawabannya jelas, karena follower mereka banyak alias bejibun. atau kalau di youtube dikenal dengan istilah subscriber.

Lalu pertanyaan kedua akan dan sering muncul adalah "bagaimana caranya membuat follower atau subscriber itu ramai...?

Sebenarnya membuat supaya akun social media kita bisa banyak pengikut / Follower / Subscriber
punya banyak cara. Namun di tulisan kali ini saya hanya akan membahas salah satu cara, yaitu "Personal Branding".

Coba lihat tulisan pada paragraf diatas, kamu tahu itu siapa ayu ting ting..? atau Agung Hapsa, kamu kenal dia? kalau nggak tahu coba di searching dengan google saja :)
Ayu ting ting terkenal sebagai penyanyi dangdut wanita yang awalnya terkenal dengan lagu "alamat palsu". Ketika tulisan ini dibuat, follower akun IG ayu ting-ting sudah mencapai 19 juta lebih follower :)
Kamu tahu kenapa bisa banyak begitu followernya? Karena dia penyanyi? Karena dia sering masuk TV? YUp! itu benar. itu yang sebenarnya disebut sebagai Personal Branding. Personal Branding bisa diciptakan dengan berbagai talenta. Bisa mulai dari sebagai penyanyi, KOKI Masakan, Video Creator dan lain sebagainya. 

Dari orang-orang yang memiliki personal yang disukai orang-orang banyak tersebut, itu akan menciptakan sebuah branding, sebuah merk. Jika orang lain dengan mudah menemukan branding orang yang disukainya maka bisa dengan mudah orang tersebut akan terkenal. coba bayangkan dan pikirkan, berapa banyak penyanyi dangdut wanita, yang punya gelar/brand "ting-ting"..?

Kalau nggak percaya kamu bisa coba sendiri. Ciptakan brand kamu sendiri. yang tentu saja harus diikuti dengan sesuatu yang orang banyak cari. 

Bagaimana dengan saya? Personal Branding apa yang telah saya ciptakan?
Kalau dulu, saya sering mengulas tentang Tamiya Mini4wd, ketika di google sangat sedikit sekali bahasan tentang Tamiya Mini4wd. dari sana follower atau pembaca saya meningkat. Apalagi saya sering menulis tentang  tehnik menggulung kawat pada mesin Tamiya. dan ulasan-ulasan kegiatan lomba Tamiya yag ada di Pontianak dan sekitarnya. Tak heran, sering banyak kiriman email yang berkonsultasi kepada saya tentang dunia Mini4wd. dan tak jarang pula mengirimkan ke saya paket yangisinya bisa sangat beragam, bisa berupa magnet, mobil, Mesin dan lain sebagainya.

Apakah ada personal branding lain yang kamu miliki? Yup, Saya juga dikenal sebagai Blogger. Jika Ayu ting-ting dikenal sebagai penyanyi (singer), dan Agung Hapsa di kenal sebagai Youtuber, maka saya dikenal dengan Seorang Blogger. Alhamdulillah.. dari ngeblog tidak sedikit gadget yang saya dapatkan. dan jelas.. itu semua gratis :)

Dan sebenarnya sempat terlintas di pikiran saya juga ingin membuat personal branding dengan menempatkan diri saya sebagai PNS. Namun sayangnya banyak sekali citra  atau cerita oknum PNS ini jelek di mata masyarakat. sehingga hal itu saya pinggirkan.

Apakah hanya profesi yang spesifik saja yang dapat dijadikan sebagai Personal Branding? Oo tentu saja tidak. Sebenarnya banyak sekali  profesi dapat dijadikan Personal Branding. Hampir semua profesi atau pekerjaan bisa dijadikan sebagai personal branding. Tidak hanya publik figure, Dosen, Profesor, Presiden, Penyanyi, Pemain Film, namun seorang ibu rumah tangga sekalipun sebenarnya bsia menjadi seorang yang memiliki Personal Branding. Ingat kan cerita tentang "Polisi Ganteng"..? atau polwan cantik..? atau mungkin kamu.. ya kamu pembaca blog ini, akan menemukan profesi mu sebagai personal branding, misalnya "Nelayan 7 pulau"..? Sehingga orang yang membaca kisahmu, akan ramai-ramai ingin menjadi nelayan juga :)

Hayok Ciptakan Personal Branding kamu sendiri.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)