Sabtu, 17 Desember 2016

Nougat, Sistem Operasi Android Ke Tujuh Siap Meramaikan Pasaran

Beberapa hari ini saya mendengar Android sudah merilis System Operasinya yang baru, Yaitu Nougat. Nah System Operasi Nougat ini adalah System Operasi ketujuh yang telah dirilis oleh Google untuk OS Andorid yang biasanya terinstall pada Smartphone maupun tablet. Yah.. saya memang telat mendapatkan info tentang Nougat ini :)

Robot Hijau Android. Source Foto http://www.computerworld.com
Oiya.. Sekedar untuk tambahan informasi, Nougat ini biasa juga disingkat orang-orang dengan Versi N. Sesuai urutan versi yang dipakai oleh Google untuk OS androidnya, yaitu berupa huruf abjad  yang dimulai dari huruf C. diantaranya adalah:
  • C untuk Cupcake (1.5), 
  • D untuk Donut (1.6), 
  • E untuk Eclair (2.0–2.1), 
  • F untuk Froyo (2.2–2.2.3), 
  • G untuk Gingerbread (2.3–2.3.7), 
  • H untuk Honeycomb (3.0–3.2.6), 
  • I untuk Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4), 
  • J untuk Jelly Bean (4.1–4.3), 
  • K untuk KitKat (4.4+), 
  • L untuk Lollipop (5.0+), 
  • M untuk Marshmallow (6.0+) 
dan sekarang yang sedang ramai adalah N, yaitu untuk Nougat (7.0). Dan uniknya dari nama-nama versi OS robot hijau tersebut adalah nama makanan. Tentu setelah OS Nougat, akan muncul versi baru dengan inisial O.

Okey, Intermezonya cukup..., sekarang yang menjadi pertanyaan saya tentang Nougat ini adalah, apa sih kelebihan dari Nougat ini..? yuk kita simak.

Emoji dan Paket Bahasa yang banyak
Pada Versi OS nougat ini memiliki icon emoji yang secara default banyak sekali. sehingga penggunakan tak pelru lagi mendonwnload emoji tambahan untuk keyboardnya. dan paket bahasa yang tersaji juga lebih banyak dari yg sebelumnya. termasuk bahasa Indonesia tentunya. Sehingga tak perlu mendownload lagi untuk bahasa-bahasa tertentu.
 
Quick Switch APP
yaitu dengan menekan tombol option (selain tombol home dan Back) pada smartphone akan menampilkan beberapa windows yang sedang aktif. dan disanalah kita dapat memilih mana aplikasi yang akan kita gunakan atau liat. Sungguh praktis.
Tombol menu yang dipakai untuk Quick Switch
 
Quick Setting
Pengguna dapat mengatur sendiri setting mana yang akan ditampilkan di menu dan mana yang tidak. Begitu juga Informasi didalam kotak notifikasi yang tampak, setting dapat diakses hanya dengan menyentuh ikon. Sedangkan ketika anda menyentuh dan menahan ikon, maka user akan dibawa ke halaman settings dan diperlihatkan informasi di dalamnya.

Doze On The Go
yaitu mode baterai lebih irit ketika dibawa (ketika tidak digunakan). Sistem operasi secara otomatis akan menurunkan kinerja perangkat keras sehingga kita tak khawatir handphone akan menjadi lebih boros, karena penggunakan baterai di turunkan dari biasanya.

Data Saver
yaitu mode dimana user dapat membatasi berapa banyak paket data yang boleh digunakan. Misalnya kita membeli paket data sebesar 300 MB. kita dapat mengatur kuota tersebut pd level OS, sehingga penggunaan akses data (Internet) tidak akan melebihi dari kuaota yang ada dan memakan Pulsa. kalau ini mode saya banget guys. karena saya suka beli paket yang kecil :) khusus untuk messenger. dan jadit kikuk juga kan kalau tiba-tiba sadar pulsa kemakan gara-gara paket Internet nya habis.

Multi Windows
Adalah fitur yang tadinya hanya ada di beberapa smartphone saja, tetapi sekarang ketika kita sudah mendapatkan android nougat, kita bisa menggunakan fitur multi windows di semua smartphone yang menjalankan android nougat.Penambahan fitur ini tentu sangat menyenangkan, karena smartphone yang mempunyai spesifikasi tinggi tetapi tidak ada fitur multi windows terasa percuma, sekarang smartphone apapun bisa, jadi spesifiaksi tinggi dan multi windows tentu ini akan menjadi menyenangkan, kita bisa membuka dua aplikasi sekaligus.Multi windows dapat bekerja dengan posisi layar landscap atau portrait, tetapi pada mode landscap kita hanya bisa menggunakan layar 50/50 pada setiap app atau aplikasi.

Demikian beberapa kelebihan dari Andoroid Nougat 7.0 dari Google. Semoga menjadi manfaat bagi kita semua. 

Saya Freddy Hernawan, Stay In Touch!
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)