Sabtu, 10 Desember 2016

Diwawancarai Tentang Blogging Oleh Andriyani

Andriyani, melihat dari bahasa dan gaya tulisan-tulisannya terlihat seperti anak yang cekatan, cerdas dan inisiatif. Beberapa waktu lalu, dari hasil wawancara yang tepatnya diskusi, saya dan Andriyani akhirnya dirilis dalam sebuah blog miliknya, yang beralamat di andriyani.web.id

Berawal dari status facebooknya yang akan merilis kategori baru dalam blognya tentang "profil".
Lalu dengan spontan saya menawarkan diri untuk diwawancarai :) dan voila.. setelah beberapa hari saya di wawancarai via facebook messenger.

Tulisan itu membahas tentang pengertian blog yang saya anggap melenceng dari pengertian hakikatnya. Hal itu memang debatable. Karena memang tidak ada patokan baku yang membahasnya. Istilah itu liar berkembang kemana-mana. Sampai mucul genre blogger traveling, blogger makanan, dan lain-lain. Orang banyak yang beranggapan bahwa setiap web yang dibuat dengan engine wordpress dan blogger dianggap sebagai blog. dan beranggapan bahwa pembuatnya disebut sebagai blogger. Padahal pembuatnya disebut sebagai webmaster. dan CMS pun tidak bisa menentukan apakah itu blog atau situs berita. Karena saya melihat ada orang buat situs dagangan (e-commerce) menggunakan (cms) blog, sehingga mereka katakan sebagai blog. Padahal bukan. Namun demikian, saya memaklumi itu.

Menurut saya blog memang sudah melenceng dari apa yang dipahami awalnya. Yang semestinya situs atau website juga disebut-sebut sebagai blog oleh sebagian orang. Dan ini saya memakluminya, karena keterbatasan pengetahuan mereka. iya mirip istilah Hacker, yang notabene adalah istilah orang baik-baik, orang yang membangun jaringan Internet, membuat aplikasi dan lain sebagainya. Namun disalah artikan sebagai orang jahat, peretas website dan lain sebagainya, yang lebih cocok disebut sebagai perusak (Cracker).

VIDEO BLOG
Ada pula yang marak sekarang oleh kawan-kawan penggiat di youtube, mereka menyebutnya sebagai "VLOG" kependekan dari "Video Blog". Blog dianggap sebuah cerita, diary yang ditulis di web, baik itu cerita keseharian, tentang hobbynya dan lain-lain. yang kemudian (cerita atau diary) di buat dalam bentuk video (monolog). Disini juga sebenarnya terjadi miss persepsi. :) 

Sebelum saya membahas lebih jauh tentang vlog, saya mengajak kawan-kawan untuk mengingat kembali film Avatar. Di film itu Sam Worthington sebagai Jake Sully melakukan perekaman video atas kegiatan di lab nya. Dan kalian tahu? itu bukan vlog :) itu disebut sebagai ......@#$%^& (*Masih mencari istilah yg tepatnya). Setelah keliling web, tanya2 via facebook, nemu di wikipedia soal "Video Blog" versi mereka. Cukup menarik bukan?

So, Menurut saya sebenarnya istilah Vlog (untuk Video Blog) itu nggak tepat. Karena sebenarnya yang disebut sebagai LOG itu bersifat catatan, kode, berbasis text dan bukan video. Jadi VLOG nggak tepat utk video orang yang sedang bicara depan kamera. Bisa disebut sebagai VLOG jika (mungkin) ada text atau tulisan atau kode-kode dibuat animasi bergerak atau video. bukan video orang yang lagi ngomong (monolog). Harus ada istilah lain yang baru, selain menggunakan kata "log" di dalamnya. semisal reportase untuk video report atau berita.

4 komentar:

  1. bingung kang.. santai dan nikmati saja yang ada.. tetap berkarya.. persetan dengan istilah kata :D itu semu belaka :D yg penting, tetap diendorse..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya.. saya sebenarnya juga nggak peduli amat kok soal istilah2 itu. biarlah berkembang sesuai penalaran orang-orang. dan kata kunci akhirnya adalah memang passion. soal endorse bagi saya nomor dua alias bonus :P

      Hapus
  2. wohhooooow setelah jadi blogger hits kemudian menjadi vlogger hits!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih dodon. tapi saya nggak memungkiri bahwa saya ngak pede soal video :P kayaknya mau stay aja di tulisan dan fotografi :) video buat ngiseng aja, alias bukan bahan untuk di fokuskan.

      Hapus

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)