Selasa, 13 Desember 2016

Cara Memperbaiki Persneling Mobil Matic

Udah sekitar 3 hari mobil saya kalau mau pindah posisi persneling (gigi) dari P (Parking) ke D (Drive) atau yang lain suka sangkut. Alias nggak mau bergerak seolah-olah terkunci, kayak posisi mobil nggak nyala. 

Sempat bingung, apanya yang bermasalah. jangan-jangan ada yang sangkut di tuas persnelingnya. Jadi pulang kemaren dari Pontianak ke Mempawah untuk mindahin gigi dari P ke D pakai acara menekan tombol "shift".

Dan tadi pagi, mulai melakukan penyelidikan bahkan dah mulai cari bengkel-bengkel terdekat. Tapi karena hari libur, banyak bengkel yang tutup, jadinya di tunda buat nyari bengkel mobil. Tapi saya nggak menyerah begitu aja. Usut ke mbah google dan searching kesana kemari nemu link yang sangat membantu. Dinyatakan dalam link tersebut bahwa kegagalan perpindahan persneling dari P ke yang lain biasanya dikarenakan indikator rem mobil tidak menyala. Nah, dari kalimat itu, saya langsung curiga kalau lampu rem mobil saya benar-benar nggak nyala. dan bisa dipindah persnelingnya kalau lampu rem nya nyala. 


Ternyata benar!! Lampu Rem mobil saya nggak nyala kalau diinjak pedal rem (yg sekaligus kopling karena matic) nya. Nah, lanjut memikirkan bagaimana memperbaiki konektor remnya. lalu cari-cari info ke mbah google lagi deh. baru nemu posisi saklar rem pada mobil yaris ada di bawah dashbord stir mobil. Saklarnya saya cabut dari posisinya, untuk saya bersihkan.

Penampakan Saklar Lampu Rem Mobil


Penampakan Saklar Rem setelah dibuka

Konektor Saklar dibersihkan
Cara bersihkan saklarnya mudah kok. saya pakai cotton bud dan amplas halus, untuk membersihkan konektor tembaga yang ada di dalamnya. setelah bersih, lalu saya pasang kembali seperti semula ke mobil.

Dan akhirnya VOILA!!.. Persneling mobil saya sudah bisa kembali normal. Hasyek.. bisa menghemat pengeluaran :) haha.. jujur aja, saya mau ketawa aja kalau liat kasus ini. indikator lampu Rem begitu besarnya, sehingga bsia mengunci persneling. Sempat kepikiran aneh2, sampai berpikir system matic nya bermasalah. :) Semoga ini bisa dijadikan manfaat juga bagi kawan2 penghoby otomotif.  Amiin.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)