Jumat, 30 Desember 2016

Awal Mula Saya Suka Hotwheels

Ada pertanyaan kepada saya dari kawan-kawan  "Pontianak Toys Community" atau yang biasa disingkat dengan TikToC. Pertanyaan mereka adalah Sejak kapan saya suka Hotwheels? Untuk diketahui, Hotwheel adalah salah satu mainan mobil-mobilan yang lumayan banyak penggemarnya. Begitu pula di komunitas mainan Tiktoc. Banyak dari anggota komunitas yang menyenangi pabrikan dari hotwheel. Oleh karena itulah sebabnya, saya bergabung dengan komunitas TikToc ini.
Walikota Pontianak, Pak Sutarmidji juga pernah maen bareng kita
Kembali ke soal pertanyaan, Kapan saya suka dengan Hotwheels?
Berikut adalah ceritanya. YUk kita simak.

Hotwheel Favorite Saya, Chevelle

Sejak Kapan saya suka Hotwheel?
Awalnya gara-gara mobil kayu. Beberapa tahun lalu, (tanggalnya saya lupa), ceritanya saya lagi iseng-iseng nonton youtube. Secara default youtube di bawah layar yang sedang diputar, ada film lain yang siap diputar pada bagian bawah.  Mata saya tertuju pada salah satu film mobil mainan dari kayu. (percis seperti film bawah ini).



Pada film tersebut diadakan lomba mobil kayu mainan. Nama Lomba untuk mobil tanpa mesin seperti ini biasa disebut sebagai "down hill race". Yaitu mobil di letakkan pada track dengan beberapa jalur, minimal 2 jalur. Secara bersamaan pada sebuah pintu start yang berada lebih tinggi, lalu di lepaskan, dan menyaksikannya meluncur kebawah, sampai finish line.

Setelah Menyaksikan Video Tersebut

Saya ingin sekali bermain seperti itu. adu kencang. saya tahu caranya supaya lebih kencang dan menang, pikir saya. Saya ingin sekali menerapkan ilmu fisika yang saya miliki. Faktor berat mobil, panjang sumbu as roda, friksi antara roda dan track, friksi as roda dan lain sebagainya. Ingin saya implementasikan dan kalau bisa meracun (baca: mengajak) orang-orang untuk main balapan serupa.

Tapi mau beli mobil serupa dimana? di Mempawah? di Pontianak ada? dan jelas nggak ada. tapi pikiran saya nggak berhenti sampai disana. saya berpikir, mencari alternatif lain, mobil apa yang bisa dipakai untuk lomba sejenis? Lalu saya berpikir, dan berteriak HOTWHEELS!

Iya, Hotwheels pasti banyak di jual di pasar super (Supermaket) atau toko swalayan. Sejak saat itu saya mulai melakukan survey, lewat internet maupun youtube. apakah di Hotwheel juga ada yang memainkannya dengan "Down hill Race"? Ternyata ada! 



Dan saya kebetulan punya teman tamiya, yang juga hobby Hotwheel. dari teman saya itu, saya dikenalin ke om Kemas Yulius, Presiden Diecast Indonesia. Nah Om Kemas ini yang mengenalkan saya kepad akounitas Mainan Pontianak aka TikToc.

Dari kenal Om Kemas, pun saya banyak sekali melihat video-video beliau. jadi tambah penasaran pengen punya track.



Saking pengen dan semangatnya pengen punya, saya buat dari kabel dek.  berikut adalah hasil dari track yang saya buat. Dan pernah saya bawa ke Acara Car Free Day Pontianak, kopdar bersama kawan2 TikToc.


Dokumentasi tahun 2013, CFD, TikToc

Lumayan Panjang Tracknya.

yg ingin maen dari track saya lumayan ramai

Bahkan Walikota Pontianak juga pernah bermain bareng kita
Dari hobby ini saya bisa menyalurkan teori-teori yang saya miliki dan mempraktekkannya. paling tidak, hasrat dan penasaran saya bisa tersalurkan. selain itu saya juga banyak sekali mendapatkan teman.
 
Demikianlah cerita pendek saya. Semoga dari cerita ini, bisa membuat para pembaca juga gemar koleksi Hotwheels :)

Saya Freddy Hernawan
Stay In Touch

7 komentar:

  1. Bise dicobe ni bg, saye sering liat ade di jalan surya ramai main ini gak bg, udh macam pertandingan kayaknye, abes ramai orang. Itu hotwheel atau tamiya bg ye, agak bingung bedekannye soalnye.

    BalasHapus
  2. menarik.. jadi inget adik lelaki saya yang sangat suka akan mobil²an.. sikit berbeza dengan abangnya yang suka robot²an :D

    BalasHapus
  3. Kalau jaman dulu itu mainan masih menjadi barang mewah.
    pernah punya satu. tapi entah kemana sekarang

    BalasHapus
  4. Kalau sekarang ini sedikit sekali yang maih mainkan hot wheels
    anak2 beralih ke gadget mereka

    BalasHapus

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)