Kamis, 05 Mei 2016

Kekuatan Spiritual

Bangun tengah malam, karena dahaga. Saking dahaganya jadi ingin sekali minum air yang dikasih es batu. Habis minum itu maunya tidur lagi, malah mata yang tak mau terpejam, jauh dari kantuk. Yah dari pada bengong depan meja makan, iseng aja deh buka channel Televisi. Ada berita perihal pemerkosaan anak di bawah umur oleh  anak-anak muda yang lagi mabok miras. Next, bola Manchester City lawan Real Madrid di salah satu channel sport. tak bertahan lama nonton Bolanya :) Next... ada Movie I Origins, yang lambangnya "Mata".


Nah, di channel film tersebut baru bisa bertahan lama, nggak ganti2 channel lagi. walalu nggak ikutin film dari awal, saya menyimak bahwa Dr. Ian (Seorang molecular biologist) adalah seorang yang tak percaya kekuatan spiritual atau Tuhan. Dia mengaku hanya percaya kepada data, percaya pada hasil penelitian. ketika bertemu dengan sofi (wanita yang dicintainya) yang penuh dengan pemikiran2 ghaib perihal pemikirannya tentang dejavu, tentang hubungan orang yang di masa silam, reinkarnasi dan lain-lain membuat muncul sedikit keraguan pada diri Dr. Ian.

Sumber foto: https://i.ytimg.com/vi/hp3lKYn-2JY/maxresdefault.jpg
Dari film itu banyak hal yang saya dapatkan, terutama soal pembacaan/pendataan biometric iris mata yang kemudian dimasukkan dalam bank data, yang dilakukan oleh India dalam film tersebut. Saya jadi ingat perihal KTP Elektronik yang sudah diterapkan Indonesia beberapa tahun silam. Pendataan ulang penduduk Indonesia itu, selain menggunakan sidik jari, juga mengunakan perekaman iris Mata.  Wah.. tiba-tiba saja saya jadi berpikir, jangan2 pendataan iris mata tersebut, juga bagian dari program itu :) program bank data biometric Mata. Hebat sekali, kalau seluruh dunia ada data bank iris mata.

Mendengar penelitian tentang biometric iris mata dari seorang sahabatnya, Dr. Ian mencoba mendeteksi mata sofi (telah meninggal karena kecelakaan di lift). Dari hasil pembacaan data bank mata tersebut, ternyata hasil scan mata sofi bukan diri Sofi yang sebenarnya. Tetapi mengarah kepada seorang anak perempuan yang berada di India.

Sedikit permainan pun di lakukan untuk menguji apakah ada keterkaitan atau kecocokan secara emosional maupun hubungan lain antara sofi dan anak India tersebut. Dr. Ian merasa kecewa dan menganggapnya sebuah tes atau uji coba bodoh. :) Namun akhirnya, ketika anak India itu teriak dan memeluk Dr. Ian ketika melihat pintu lift terbuka, disanalah kekuatan emosial Dr. Ian terbangun (Sofi meninggal terjepit oleh lift yang awalnya stuck). itulah yang disebut sebagai kekuatan spiritual. kekuatan kepercayaan. Sebuah kekuatan yang muncul tanpa adanya sebuah nilai pasti dan logic.

2 komentar:

  1. reinkarnasi, atau tranplantasi kornea??

    BalasHapus
  2. Kayak baca futuristik jadinya. Tapi ngeri nggak sih kalau semua disatukan dalam bank data? Takutnya ada yg menyalahgunakannya.

    BalasHapus

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)