Kamis, 18 Februari 2016

Susah Buat Komentar di Blog

Beberapa hari ini saya sedang gandrung ngeblog. Jadi, dalam rangka promosiin blog saya ini, saya melakukan blogwalking (keliling dari blog satu ke blog yang laen). tadinya mau sebarin komentar. ternyata jaman sekarang kalau kasih komentar ke blog itu susah sekali yah? banyak blog yang melakukan "pemeriksaan" dulu sebelum dimunculkan koementar kita pada blog mereka. hal ini mereka lakukan untuk menjaga komentar spam. apakah jaman sekarang banyak spam?

long street #toyota #yaris #toyotayaris #streetfotography #street #landscape #car #andrography #zenfoneselfie #instampw #instapnk #fhernawan


nggak kayak jaman 7 atau 9 tahun lalu. Padahal blog itu sifatnya dua arah, makanya di blog, dikasih di form komentar, supaya ada interaksi. berbeda dengan situs berita, yang kalau dulu nggak ada kolom komentar. Sekarang situs2 berita malah ada kolom komentar, mereka (situs berita) mengadopsi system blog. Namun system nya di ubah, yang komen harus punya id situs berita tersebut dulu :)

Bicara soal promosi, memang identik dengan spam. Tetapi tidak sama. kalau spam lebih diasumsikan sebagai hal yang negatif. hal yang memaksa. sedangkan promosi bersifat tidak memaksa. ketika orang rang melihatnya maka orang akan senang dan ingin bertanya dan menelusuri. promosi yang demikian yang biasa orang sebut sebagai promosi cerdas. Sedangkan spam tidak, mereka datang tanpa kita minta. pernah suatu hari saya mendapatkan email promo dari sebuah badan periklanan, yang menawarkan pelatihan. lalu saya tolak dengan baik-baik. tapi permintaan saya itu tak anggap. mereka mengirimkan kembali email yang sama dan sejenis. nah ini yg disebut sebagai spam.

Dan saya kadang menemukan hal lucu dan konyol, yaitu ada situs/blog tak ingin pendatang/pengunjung melakukan spamming ke blog atau situs mereka, tapi situs mereka sendiri melakukan spam (via banner ataupun pop up), yang biasanya menutupi artikel utama yang akan di baca atau di tonton. lihat saja kadang ada video di youtube yang iklannya (spam) sampai menutupi setengah layar :P 

Atau hal lucu lainnya, misalnya mereka nggak mau halaman situs mereka kotor oleh iklan, karena pakai yang gratisan biasanya ada iklannya. saya jd ingat geocities dari yahoo. Sehingga ada yang berusaha mengahapus iklannya. atau mereka membeli domain dan hosting untuk supaya halaman mereka bersih. Tapi akhirnya mereka harus memasang iklan juga, supaya mendapatkan uang dari iklan tersebut. yg lucunya, uang yg mereka dapatkan tak lebih dari ongkos domain, hosting dan perawatan situs :)

Banyak orang yang tak tahu kenapa spam banyak yang "menyerang" kolom komentar pada sebuah blog? salah satu jawabannya adalah karena blog mereka cantik dan indah bagi pencari informasi. dan mereka uga tidak sadar, bahwa blog yang memiliki komentar banyak, itu juga SEO oriented bagi search Engine. Tentu search engine akan mengangkat rangking dari sebuah blog yang memiliki banyak komentar, ketimbang blog tanpa komentar.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)