Apakah Suffix Domain Mempengaruhi hasil Serp (Hasil Pencarian Search Engine)?

Dari hasil blogwalking, disalah satu sebuah blog yang saya kunjungi ada sebuah komentar yang bertanya:
"Apakah dot tk (domain gratisan) akan sama hasil pencarian search engine nya dengan yang dot com?"
Jawaban nya adalah tidak sama. boleh di uji. buatah domain dengan dot tk, isi dengan content. lalu buat juga domain dengan "dot com" kalau bisa buat dengan nama yang sama antara "dot tk", misalnya cobates.com dan cobates.tk

Domain

Perlu diketahui juga bahwa dot com lebih dikenal sebagai domain yang diperuntukkan untuk komersil. dan domain lain seperti dot net utk network, dan org diperuntukkan utk organisasi. Itu berarti jika ada sebuah organisasi ingin membuat situs, maka domain yang tepat untuk digunakan adalah domain dengan dot org.
apakah itu juga akan mempengaruhi hasil SEO? iya tentu. jika ada orang ingin mencari informasi tentang organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) misalnya, maka hasil yang akan diberikan terlebih dulu oleh search engine idealnya adalah situs yang berbau dot org, walaupun hal itu tidak mutlak, tergantung dari faktor2 lain (misal content dll).
Berikut adalah nama domain dan sedikit penjelasan dari nama domain tersebut:

.com Commercial
.net Network
.org Organization
.edu Educational
.biz Business
.gov Government
.mil Military
.info Information Source
.name Personal Name
.me Personal Websites
.tv Television Station
.us United States (see below)
.mobi Designed for Mobile Phones

Contoh lain untuk domain id (Indonesia) misalnya, akan lebih "diminati" dan "dilirik" oleh google.co.id (untuk content sejenis) ketimbang nama domain yang lain. Karena sama-sama di runag lingkup yang sama, yaitu sama-sama memiliki content "Indonesia".

Kesimpulan
Baiklah, berarti kesimpulannya, nama domain akan mempengaruhi hasil pencarian SEO. maka, jika kamu ingin berbisnis dan bermain-main dengan SEO, pilihlah nama Domain yang tepat. 

Komentar