Rabu, 28 Oktober 2015

Klasik Blog

Kalau di musik ada rock,  lalu di ikuti pop rock,  atau klasik rock atau dangdut rock., mungkin begitu juga dengan Blog,  ada foto blog,  dan mungkin juga klasik blog sesuai judul yg saya buat.
Sebelum jauh saya membahas apa maksud saya menulis klasik blog., Saya mencoba untuk mengurai dan sedikit menjelaskan mengapa (sebutan,  teknologi,  cms) blog itu muncul. "Blog" berasal dari kata-kata "web" dan "log". Web dan log dipadukan menjadi weblog,  yg lamban laun org menyebutnya sebagai "blog" saja. Web identik dengan website,  halaman atau page sebuah situs internet. Sedangkan "log" artinya berupa catatan dari sebuah kegiatan. Log ini biasanya dibuat oleh seorang programmer untuk mengetahui apa saja yg telah diubah pada program atau aplikasi yg telah dibuatnya. Log biasanya kita temui dari hasil instalasi program di dalam komputer. Di dalam log terdapat keterangan hasil-hasil proses instalasi file apakah terjadi kegagalan atau tidak tentunya dengan "bahasa" programmer yg dimengerti oleh si programmer.
Log juga bisa diartikan sebagai catatan progres suatu perkembangan project. Di dalam log terdapat rentetan waktu. Sehingga di dalam log harus ada urutan,  tidak boleh terbolak balik berdasrkan perjalanan waktu.
Kembali ke blog, dengan melihat uraian diatas kita jadi bisa memahami mengapa blog itu muncul. Diawal2 kemunculan blog,  difungsikan sebagai sharing kegiatan project sebuah team. Teman team yg membaca log via web (blog) akan lebih mudah untuk melanjutkan pekerjaan rekannya yg lain.
Lama kelamaan,  lamban laun blog digunakan sebagai diary (online), journal, tulisan makalah dan lain2. Nah klasik blog dalam yg saya maksud adalah blog sebagai wadah diary ataupun jurnal. Ada kisah "apa yg telah kita lakukan".
Semakin kesini blog (khususnya cms dan metode) dijadikan sebagai media promosi atau bahkan jadi wadah jualan (promo barang dan jasa). Disini blog semakin berkembang fungsi dan manfaatnya. Bahkan sampai membuatnya sebagai portal berita, catalog barang dan lain sebagainya.
Maka, disini (hernawan.net) saya mencoba untuk mengembalikan fungsi blog yg sebenarnya. Sebagai klasik blog.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free for Comment. Silahkan berkomentar apa saja. Komentar kalian sangat membantu saya. karena akan membuat saya lebih semangat :)